15.3 C
New York
Wednesday, August 21, 2024

Dari 436, Hanya 146 Koperasi yang Aktif di Pemkab Labuhanbatu

Labuhanbatu, MISTAR.ID

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Koperasi dan UKM Labuhanbatu Basaria Simarmata menyampaikan hingga hari ini di Kabupaten Labuhanbatu terdapat 436 koperasi, 146 diantaranya koperasi aktif.

Hal itu disampaikan Basaria dalam peringatan Hari Koperasi Indonesia ke-77 Tahun 2024 di Rantauprapat, Rabu (21/8/24). “Jumlah koperasi yang tidak aktif 290 koperasi dan jumlah yang sudah melaksanakan pra tahunan hanya berjumlah 59 koperasi,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Asisten II Pemkab Labuhanbatu Ikramsyah Putra mengatakan, peringatan 77 tahun hari Koperasi kali ini menjadi penting untuk merefleksikan bagaimana agar peran koperasi di tanah air semankin strategis.

Baca Juga : Koreksi Silpa, Pemkab Labuhanbatu Ajukan Fasilitasi P. RKPD

Utamanya dalam menjawab tantangan krisis dan ketidakpastian tersebut, khususnya untuk mempercepat ikhtiar kebangsaan keluar dari middle income trap. “Hari ini pendapatan per kapita rakyat kita diperkirakan baru sekitar US 4.919 (2023). Untuk menjadi negara maju di 2045 nanti, pendapatan perkapita ini harus bisa naik setidaknya 5 kali lipat,” katanya.

Membacakan pidato Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Ikramsyah mengatakan lebih dari 99 persen pelaku usaha di tanah air adalah usaha mikro.

Ikramsyah menjelaskan, koperasi berperan sebagai ekosistem pendukung ekonomi usaha mikro dan kecil, koperasi harus terlebih dahulu hadir sebagai pemberdaya anggota. Ia juga berharap semangat berkoperasi terus ditularkan kepada generasi muda. (yazis/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles