17.1 C
New York
Wednesday, August 21, 2024

Pemilih Pemula di Siantar Kenal Calon Kepala Daerah dari Media Sosial

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar menetapkan sebanyak 67.627 jiwa pemilih pemula masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pilkada 2024.

Agar generasi muda ini meniatkan diri untuk berpartisipasi dalam Pemilu nanti, KPU telah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

“Kita susah beberapa kali mengunjungi sekolah-sekolah mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak suara kepada pemilih pemula,” kata Ketua KPU Pematangsiantar, M Isman Hutabarat, Rabu (21/8/24).

Sementara itu, kepada Mistar.id, salah seorang siswa kelas XII di salah satu sekolah negeri, Irma mengaku semula tidak mengetahui akan adanya pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar.

Baca juga: KPU Siantar: Plt Ketum Parpol Bisa Teken Formulir Pendaftaran Calon Kepala Daerah

“Kebetulan saya genap berusia 17 tahun di bulan Mei lalu. Sewaktu pemilihan Caleg-caleg itu belum ikut memilih. Pikiran jadinya hanya itu aja ada pemilihan,” kata Irma, Rabu (21/8/24).

Beberapa bulan belakangan, Irma yang memang kerap menggunakan media sosial melihat banyaknya bakal calon Walikota Pematangsiantar berseliweran.

“Di grup-grup Facebook anak Siantar banyak, tim sukses mungkin namanya itu ya, memposting wajah-wajah yang mau jadi Walikota. Narasinya semacam ‘berbuat baik masyarakat, dari Siantar untuk Siantar’. Ya semacam itu lah,” jelasnya.

Bahkan Irma mengaku sering melihat perdebatan-perdebatan antara tim sukses ataupun relawan sesama bakal calon. Dikatakan Irma, dirinya risih membaca hal-hal seperti itu meskipun tidak jarang juga menimbulkan penasaran.

Baca juga: KPU Siantar Catat 59.517 Pemilih Baru, 67.610 Dicoret dari Daftar

“Tidak tahu apa yang didebatkan. Terkadang satu postingan, komentarnya sampai ratusan. Jadi penasaran juga meskipun tak paham,” ujarnya.

Related Articles

Latest Articles