16.8 C
New York
Tuesday, August 20, 2024

Dinsos Simalungun Siapkan Penanganan ODGJ Menjelang PON

LOGO PON XII
LOGO PON XII

Simalungun, MISTAR.ID

Menjelang perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut yang akan diselenggarakan di Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Simalungun telah menyusun rencana untuk mengamankan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di sekitar lokasi acara.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan baik bagi peserta PON maupun masyarakat setempat.

Sekretaris Dinsos Simalungun, Dedi Sopenni Girsang menegaskan, pihaknya siap memberikan dukungan penuh demi kelancaran ajang olahraga 4 tahunan ini.

Baca juga:Pemkab Sergai Matangkan Persiapan Sambut Kirab Api PON XXI Aceh-Sumut

“Kami akan melakukan penanganan terhadap ODGJ yang berada di kawasan Parapat. Hal ini penting untuk menjaga ketertiban selama PON berlangsung,” ujarnya saat ditemui di kantornya, pada Selasa (20/8/24).

Namun, Sopenni juga mengungkapkan bahwa untuk melaksanakan tugas tersebut, pihaknya memerlukan surat permohonan resmi dari kecamatan setempat. “Kami menunggu permintaan dari pihak kecamatan, agar bisa segera mengambil tindakan yang diperlukan,” tambahnya.

Selain itu, Dinsos Simalungun juga telah menyiapkan tim yang terdiri dari petugas sosial dan kesehatan untuk melakukan penjangkauan maupun evakuasi ODGJ ke tempat yang lebih aman, serta sesuai dengan kondisi mereka.

Baca juga:Tingkatkan Koordinasi, BPBD Simalungun Siap Sukseskan PON XXI Aceh-Sumut

“Kami berharap kerja sama dari semua pihak, termasuk pihak Satpol PP dan masyarakat, agar kegiatan ini bisa berjalan lancar dan PON di Parapat dapat berlangsung dengan sukses,” katanya.

Dinsos Simalungun berharap dengan upaya yang dilakukan, pelaksanaan PON di Parapat dapat terlaksana dengan aman dan tertib, serta memberikan kesan positif bagi para tamu dan peserta yang hadir. (indra/hm16)

Related Articles

Latest Articles