19.9 C
New York
Tuesday, August 20, 2024

Klasemen PON XXI 2024, KONI Sumut Targetkan Masuk Lima Besar

Medan, MISTAR.ID

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara (Sumut) menargetkan bisa masuk ke dalam 5 besar klasemen Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 nantinya.

Hal tersebut disampaikan Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis dan salah satu cabang olahraga (cabor) yang bisa kembali konsisten menyumbang medali untuk Kontingen Sumut nantinya adalah  Wushu.

“PON tinggal 20 hari lagi ya, kita lihat pertandingan juga sudah ada mulai di akhir Agustus ini, karena target kita bisa masuk di 5 besar, kita lihat di cabor Wushu, Wushu di Papua (PON XX) kita agak apes, karena cuman dapat 5 emas, 5 perak dan 5 perunggu, yang biasanya bisa 8 emas,” ujarnya kepada awak media, Selasa (20/8/24) sore.

Baca juga: PON XXI dan Pilkada 2024 di Sumut, Pj Gubernur Pastikan Aman

Menurutnya, menjadi tuan rumah memiliki kesempatan besar bisa meraih medali yang lebih banyak lagi dari PON edisi sebelumnya. John pun berharap Sumut bisa memenuhi target tersebut.

“Jadi ini kita tuan rumah, kesempatan kita melebihi yang Papua, paling tidak emasnya dipertahankan dan yang perak bisa jadi emas, termasuk cabor-cabor lain juga, semoga kita bisa masuk 5 Besar, paling bagus kalau bisa masuk 4 besar,” ungkapnya.

Selain Wushu, John juga mengatakan peluang medali bisa diraih dari olahraga beladiri lainnya dan olahraga terukur serta beregu.

Baca juga:Wushu Sumut Targetkan Lebih dari 5 Medali Emas di PON XXI 2024

“Kalau cabang olahraga perorangan kita hampir semua punya kans terutama beladiri, kemudian cabang terukur seperti atletik, kemudian cabor beregu seperti drumband, itu kita selalu juara umum PON,” tuturnya.

Sementara itu, dirinya menaruh harapan pada cabor Sambo yang baru saja meraih banyak medali di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) beberapa waktu lalu.

“Kalau cabor baru, peluang paling besar ada di cabor Sambo, karena dari Kejurnas kita ada 9 medali emas, semoga kita bisa pertahankan. Kemudian olahraga Jujitsu juga kita prestasi nasional, kemudian Kurash, Hapkido, Kabaddi, Cricket dan Squash kita harapkan juga medalinya,” pungkasnya. (iqbal/hm17)

Related Articles

Latest Articles