19.9 C
New York
Tuesday, August 20, 2024

Aktris Bollywood Kecam Pemerkosaan Dokter di India

New Delhi, MISTAR.ID

Tragedi pembunuhan dan pemerkosaan yang menimpa Moumita Debnath, seorang dokter magang di Kolkata, India, menarik perhatian publik. Termasuk sejumlah aktris Bollywood.

Salah satu artis yang paling vokal adalah Kareena Kapoor Khan. Lewat akun Instagram pribadinya, bintang film Kabhi Khushi Kabhie Gham itu menyampaikan keprihatinannya.

“12 tahun setelahnya, kisah yang sama, protes yang sama, tapi kami masih menantikan perubahan,” tulisnya di Instagram pribadinya, Sealsa (20/8/24).

Selain Kareena Kapoor, aktris Alia Bhatt juga ikut mengecam tindakan tersebut. Ia dengan tegas mengatakan jika pembunuhan tersebut menjadi pengingat bahwa perempuan di India, dan di banyak tempat lainnya, masih berjuang untuk mendapatkan rasa aman.

Baca juga: Terduga Pelaku Pemerkosaan-Pembunuhan Dokter Magang India Ditangkap

“Hampir 90 kasus pemerkosaan dilaporkan setiap hari di India pada 2022. Ini menyoroti peningkatan kasus kejahatan terhadap perempuan sejak 2022,” tulis Alia, dilansir Hindustan Times.

Bhatt juga meminta para pemimpin di India mengambil langkah-langkah yang lebih tegas dalam menciptakan lingkungan yang aman bagi perempuan.

“Pentingnya mengubah situasi, bukan meminta perempuan untuk menyesuaikan diri atau membatasi gerakan mereka demi keamanan,” jelasnya.

Seperti diketahui, Moumita ditemukan tewas pada 9 Agustus 2024 di RG Kar Medical College and Hospital setelah mengalami kekerasan seksual.

Baca juga: Dokter Diperkosa, Picu Mogok Kerja dan Lumpuhkan Layanan Medis

Hal yang sama juga pernah terjadi di India. Korbannya dikenal dengan sebutan Nirbhaya pada 2012. Nirbhaya mengalami kekerasan seksual oleh sejumlah pria di dalam bus yang sedang berjalan.

Nirbhaya kemudian dibiarkan begitu saja di pinggir jalan. Nibhaya adalah seorang mahasiswa fisioterapi berusia 23 tahun. Dia sempat bertahan hidup selama dua minggu dan akhirnya meninggal di RS Singapura. (hindustan/hm20)

Related Articles

Latest Articles