19.9 C
New York
Tuesday, August 20, 2024

Turki Desak Pertanggungjawaban Israel di Hari Kemanusiaan Sedunia

Istanbul, MISTAR.ID

Menandai Hari Kemanusian Sedunia, Turki mengecam keras serangan Israel yang masih berlangsung di Gaza.

Selama 10 bulan terakhir, serang tersebut telah menewaskan lebih dari 40 ribu orang. Kecaman ini diungkapkan pada Senin, yang juga merupakan penghargaan bagi para pekerja kemanusiaan di seluruh dunia.

Dilansir, Kementerian Luar Negeri Turki menyatakan bahwa serangan Israel, yang telah membunuh banyak warga sipil termasuk perempuan dan anak-anak, adalah kejahatan terhadap kemanusiaan.

“Kami memberikan penghormatan kepada mereka yang dengan penuh pengorbanan bekerja di setiap sudut dunia,” kata Kementerian Luar Negeri Turki di X, seperti dilansir.

Baca juga: Keji, Sekeluarga Termasuk 6 Anak Tewas Dirudal Israel di Gaza

Mereka juga mengkritik penargetan pekerja bantuan kemanusiaan dan relawan, terutama staf UNRWA (Badan PBB untuk Pengungsi Palestina).

Turki menyerukan agar Israel dimintai pertanggungjawaban di pengadilan internasional dan menegaskan perlunya tindakan segera terhadap pemerintahan Israel di bawah kepemimpinan Netanyahu.

Israel, yang telah melanjutkan serangannya meski ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang meminta gencatan senjata, dituding melakukan genosida di Gaza.

Sebagian besar wilayah Gaza hancur dan mengalami blokade parah yang mempengaruhi akses makanan, air bersih, dan obat-obatan. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles