21.9 C
New York
Tuesday, August 20, 2024

Tentara Korut Tertangkap saat Seberangi Perbatasan untuk Membelot ke Korsel

Seoul, MISTAR.ID

Seorang tentara Korea Utara (Korut) membelot ke Korea Selatan (Korsel). Dia menyeberangi perbatasan militer di bagian timur Semenanjung Korea, Selasa (20/8/24).

Kantor berita Korsel Yonhap New Agency, mengutip militer Korsel, seperti dilansir Reuters mengatakan, tentara Korut itu kedapatan menyeberang ke area Goseong di pantai timur Korsel yang berbatasan dengan wilayah Korut. Penjaga perbatasan Korsel langsung menahan tentara Korut tersebut, setelah memantau pergerakannya.

Pjabat Kementerian Pertahanan Korsel yang tak mau menyebut namanya mengatakan, pihak militer telah menahan seseorang yang diyakini sebagai warga negara Korut di front timur, dan otoritas berwenang mempertanyakan motifnya menyeberang perbatasan.

Baca Juga : Korea Utara Mau Buat Tempat Perjudian

Namun, pejabat Kementerian Pertahanan Korsel itu menolak untuk memberikan informasi lebih detail. Sementara Yonhap News Agency melaporkan tentara Korut yang membelot itu berpangkat Sersan Staf.

Aksi pembelotan ini merupakan yang kesekian kalinya terjadi sepanjang tahun ini. Awal Agustus saja, seorang warga negara Korut membelot ke Korsel dengan menyeberangi perbatasan maritim de-facto yang disebut sebagai Garis Batas Utara di perairan Laut Kuning — perbatasan laut yang disengketakan di pantai barat. (dtc/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles