21.3 C
New York
Monday, August 19, 2024

Usai Dilantik, Menteri Investasi Bahas Cara Menumbuhan Ekonomi

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan Roeslani, mengatakan kerja sama dengan dunia usaha di sektor investasi akan membantu pemerintah mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kita harus tingkatkan kerja sama dengan dunia usaha dengan regulasi dan koridor yang ada. Porsi investasi ini terlalu besar jika hanya dikerjakan pemerintah saja. Kita perlu kerja sama dengan pihak lain,” paparnya, Senin (19/8/24).

Menurut Roeslani, sektor investasi menyumbang sedikitnya 30 persen terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, di samping konsumsi domestik yang kuat, belanja pemerintah, dan ekspor.

Baca juga: Fraksi PKS Minta Pemko Medan Serius Tekan Angka Pengangguran dan Pertumbuhan Ekonomi

“Oleh karena itu, investasi akan memegang peranan penting di masa mendatang. Kita juga harus melanjutkan kerja baik yang telah dilakukan oleh menteri sebelumnya, Bahlil Lahadalia. Beliau telah menetapkan target yang cukup tinggi dan telah melakukan pekerjaan yang patut dicontoh. Saya berharap dukungan yang sama yang diberikan kepada beliau juga diberikan kepada saya,” imbuhnya.

Ia mengatakan, ia percaya bahwa keberhasilan bisnis dapat dicapai dengan kerja sama saling menguntungkan di bawah tata kelola yang baik.

“Waktu yang tersisa tinggal dua bulan lagi, tetapi dalam dua bulan ini, kita akan memberikan yang terbaik. Meskipun hanya sehari atau seminggu, berikan yang terbaik,” tegasnya.

Baca juga: DPRD Medan Desak Pemerintah Aktif Tangani Masalah Sosial dan Ekonomi   

Roeslani dilantik sebagai Menteri Investasi dan Kepala BKPM oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada hari Senin.

Pengangkatannya berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 92P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019–2024.

Dari Istana Negara, ia kemudian menghadiri acara serah terima di Kementerian Investasi, bersama Wakil Menteri Investasi/Wakil Kepala BKPM, Yuliot Tanjung, sejumlah pimpinan dan pegawai di lingkungan Kementerian Investasi/BKPM, serta asosiasi terkait.

Ia menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan hangat dari seluruh pimpinan dan pegawai di Kementerian dan BKPM. Roeslani mengatakan, dengan amanah baru yang diembannya, ia berharap seluruh aparatur di lingkungan Kementerian dapat bekerja sama untuk mencapai target yang telah ditetapkan.(antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles