21.2 C
New York
Monday, August 19, 2024

Tingkatkan Koordinasi, BPBD Simalungun Siap Sukseskan PON XXI Aceh-Sumut

LOGO PON XII

Simalungun, MISTAR.ID

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simalungun menyatakan kesiapan penuh untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara September mendatang.

Sekretaris BPBD Simalungun, Manaor Silalahi, menegaskan bahwa pihaknya akan memperkuat koordinasi dengan berbagai instansi terkait untuk memastikan kelancaran acara tersebut, khususnya dalam hal penanganan bencana.

“Kami telah berkoordinasi intensif dengan Balai Besar Jalan Provinsi untuk menangani potensi tanah longsor di jalur-jalur yang akan digunakan selama PON. Kami juga akan bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Simalungun dalam upaya ini,” ujar Manaor, Senin (19/8/24).

Selain itu, BPBD Simalungun akan mendukung Badan SAR Nasional (Basarnas) dalam tugas-tugas penyelamatan selama PON berlangsung.

Baca juga: Bulutangkis Sumut Andalkan Pemain Muda di PON XXI 2024

“Kami siap memback-up Basarnas dengan segala sumber daya yang kami miliki, termasuk armada pemadam kebakaran dan peralatan penanggulangan bencana lainnya,” tambahnya.

Dalam upaya mengantisipasi berbagai kemungkinan bencana, BPBD Simalungun juga mempersiapkan langkah-langkah preventif, seperti penanganan pohon tumbang yang berpotensi mengganggu kelancaran transportasi dan aktivitas PON.

“Untuk ini, kami telah menyiapkan gergaji mesin (senso) beserta personel yang terlatih dalam penanganan pohon tumbang,” jelas Manaor.

BPBD Simalungun juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan dan waspada terhadap potensi bencana selama pelaksanaan PON XXI. Kesiapan dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat memastikan pelaksanaan PON berjalan lancar dan aman. (indra/hm25)

 

Related Articles

Latest Articles