21.2 C
New York
Monday, August 19, 2024

Malaysia Evakuasi 41 Warga Palestina dari Jalur Gaza

Kuala Lumpur, MISTAR.ID

Sebanyak 41 orang warga Palestina korban luka akibat serangan Israel di Gaza, Palestina, berhasil diterbangkan ke Malaysia untuk selanjutnya diberi perawatan. Dilansir Channel News Asia, Senin (19/2/24), warga Palestina berusia antara 8 bulan hingga 62 tahun itu diterbangkan ke Malaysia dari ibu kota Mesir, Kairo.

Seluruhnya diterbangkan dengan menggunakan dua pesawat angkut angkatan udara Malaysia. “Kami melaksanakan misi ini murni atas dasar pertimbangan kemanusiaan dan untuk menunjukkan solidaritas kami terhadap apa yang terjadi pada rakyat Palestina,” kata Menteri Pertahanan Malaysia, Mohamed Khaled Nordin.

Nordin mengatakan langkah ini menunjukkan pendirian negara mereka terhadap genosida yang tidak manusiawi ini. Dia menyebut korban luka dipilih setelah ‘evaluasi cermat’ untuk memastikan mereka layak untuk penerbangan selama 19 jam yang singgah di Karachi, Pakistan. “Para korban luka ditemani oleh 86 anggota keluarga atau kerabat terdekat,” katanya.

Baca Juga : 40.005 Jiwa Tewas Selama Agresi Keji Israel di Jalur Gaza 

Perang Gaza ini diklaim oleh Israel sebagai balasan atas serangan Hamas yang terjadi pada 7 Oktober 2023 di wilayah Israel. Serangan Hamas itu mengakibatkan kematian sekirat 1.200 orang, serta menyebabkan 251 sandera di mana 111 di antaranya masih ditahan di Gaza.

Serangan Israel di Gaza yang diklaim sebagai balasan dan upaya melenyapkan Hamas, telah menewaskan lebih dari 40 ribu warga Gaza dan menyebabkan hampir seluruh penduduk Gaza mengungsi. Serangan Israel juga telah menghancurkan sebagian besar perumahan dan infrastruktur lainnya di Gaza yang menyebabkan kekurangan pangan. (dtc/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles