21.2 C
New York
Monday, August 19, 2024

Senin Malam Besok Deklarasi Ridwan Kamil-Suswono Maju Pilkada Jakarta

Jakarta, MISTAR.ID

Dipastikan pasangan Ridwan Kamil-Suswono bakal dideklarasikan oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024, pada Senin (19/8/24) malam esok.

“Betul,” ucap Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan atau Zulhas, pada Minggu (18/8/24).

Menteri Perdagangan (Mendag) itu membenarkan deklarasi pasangan ini akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta sekira pukul 19.00 WIB.

Baca juga:Ridwan Kamil Tak Ingin Lawan Kotak Kosong di Pilkada Jakarta

Ridwan Kamil sudah diusung oleh KIM di Pilkada Jakarta 2024. KIM adalah koalisi parpol pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 lalu, terdiri dari Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Bulan Bintang (PBB), Gelora dan Prima. Sedangkan Suswono adalah kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Baru-baru ini rumor KIM Plus untuk berkoalisi bersama di Jakarta pun menguat. Sejumlah parpol di luar KIM yang akan bergabung ke koalisi di antaranya PKS, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan NasDem.

Sebelumnya PKS sudah memberikan kode positif deklarasi eks Gubernur Jawa Barat (Jabar) dan Suswono pada 19 Agustus. Juru Bicara (Jubir) PKS, Muhammad Kholid menuturkan, komunikasi dengan KIM perihal Pilkada Jakarta 2024 berjalan baik dan mulai menjumpai titik terang.

Kholid mengklaim, KIM meminta PKS untuk mengutus kadernya menjadi pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024. Sehingga, deklarasi diwacanakan digelar awal minggu depan.

Baca juga:Anies Tanggapi PKS Buka Opsi Dukung Ridwan Kamil

“Sampai kini, Insya Allah cagub usulan KIM adalah Ridwan Kamil dan cawagub yang diminta untuk mendampinginya dari PKS,” kata Kholid dalam keterangan tertulis, pada Sabtu (17/8/24).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKB, Hasanuddin Wahid mengatakan, partainya sudah final bermitra dengan Gerindra dan KIM di Pilkada Jakarta 2024

“Telah final bahwa PKB untuk Pilkada DKI Jakarta ini bersama Gerindra. Jadi tak ada pembicaraan di luar itu,” bilang Hasanuddin di kawasan Jakarta Pusat, pada Minggu (18/8/24).

Ketum Partai NasDem Surya Paloh memastikan partainya tak jadi mengusung Anies Baswedan menjadi calon gubernur pada Pilkada serentak 2024.

Baca juga:PAN Ikut Gerindra Dukung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

NasDem membuka kans bergabung dengan KIM, koalisi pendukung Prabowo-Gibran di Pilkada Jakarta 2024. KIM berencana mengusung Ridwan Kamil menjadi cagub.

Di lain tempat, Jubir PKS, M Kholid juga sudah membenarkan jika duet Ridwan Kamil-Suswono akan dideklarasikan pada Senin malam esok.

“Berharap rencana deklarasi yang disampaikan oleh Kang Emil berlangsung baik dan lancar,” tutupnya. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles