22.7 C
New York
Sunday, August 18, 2024

Warna Paspor Indonesia Beubah

Jakarta, MISTAR.ID

Direktorat Jenderal Imigrasi meluncurkan desain baru paspor Indonesia dalam rangka perayaan HUT ke-79 RI di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Sabtu (17/8/24). Secara fisik, perubahan paspor terlihat dari desain dan warnanya.

Dimana, ‘wajah’ paspor baru kini berwarna merah. Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, meresmikan langsung desain baru tersebut. Selain perubahan warna sampul, paspor ini juga dilengkapi dengan peningkatan fitur keamanan yang mengikuti standar dan regulasi terbaru dari International Civil Aviation Organization (ICAO).

Menurut Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim, paspor baru ini secara visual mencerminkan identitas nasional dengan nuansa merah dan putih, yang melambangkan semangat perjuangan Indonesia.

Baca juga: 76 Negara Bebas Visa Untuk Paspor Indonesia, Cek Datanya

Setiap lembar dalam paspor juga menampilkan 33 motif kain nusantara dan motif yang menunjukkan kekayaan budaya daerah, seperti rumah tradisional.

“Kenapa kain nusantara? Kita banyak tidak tahu bahwa ada 5.849 motif kain dari Sabang sampai Merauke,” ujar Silmy, seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Ia menambahkan, bahwa desain paspor ini juga menjadi sarana untuk menceritakan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia.

Meski sudah diluncurkan, desain baru paspor Indonesia ini baru berlaku pada 2025. Kementerian Hukum dan HAM sengaja meluncurkan desain baru tersebut pada 17 Agustus 2024 sebagai bentuk hadiah perayaan kemerdekaan. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles