23 C
New York
Saturday, August 17, 2024

Warga Desa Kolam Gelar Pawai Sebelum Upacara Kemerdekaan RI ke-79

Deli Serdang, MISTAR.ID

Warga Desa Kolam, Percut Sei Tuan, Deli Serdang menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79 tahun di Lapangan Bola Garbin, Dusun XI Pringgan, Sabtu (17/8/24) pagi.

Upacara dipimpin Kepala Desa Jupri Purwanto, dihadiri seluruh aparatur desa serta warga yang berdomisili di 13 dusun. Sebelum upacara, warga terlebih dahulu menggelar pawai dengan tema Bhinneka Tunggal Ika.

Seluruh dusun yang ada di desa kolam menampilkan karyanya dalam konvoi tersebut. Mulai dari replika alutsista, seni budaya, alat musik tradisional hingga replika burung Garuda menjadi tontonan masyarakat. Tak hanya orang dewasa, para pelajar Desa Kolam juga turut memeriahkan pawai dengan menampilkan sepeda hias, pakaian adat, dan berbagai macam kerajinan lainnya.

Baca Juga : SMK Negeri 1 Siantar Kenakan Pakaian Tradisional Hasil Kreasi Sekolah di HUT RI ke-79

Kepala Desa Kolam, Jupri Purwanto menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun. Jupri berharap kegiatan seperti ini akan dapat diwariskan kepada anak cucu warga Desa Kolam ke depan.

“Ini sudah tahun ke 6 kita gelar seperti ini. Tahun ini ada tambahan, pawai kemerdekaan. Bisa kita lihat kreasi masyarakat yang sudah ditampilkan. Harapannya apa yang kita lakukan ini hal yang akan kita wariskan kepada generasi kita berikutnya,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Jupri, kegiatan ini merupakan kolaborasi gotong-royong antara aparatur desa beserta warga. Hal itu bertujuan untuk membiasakan masyarakat Desa Kolam untuk bergotong royong.

“Segala persiapan hingga terselenggaranya kegiatan tersebut membutuhkan gotong-royong. Itulah jiwa yang mau kami bangun kepada masyarakat Desa Kolam,” jelasnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles