23 C
New York
Saturday, August 17, 2024

Pimpin Upacara HUT RI ke-79, Pj Gubsu Kenakan Pakaian Adat Mandaling

Medan, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Agus Fantoni bertindak sebagai pemimpin upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 yang digelar di Lapangan Astaka Pancing, Kebupaten Deli Serdang, Sabtu (17/8/24) pagi.

Saat memimpin upacara HUT Kemerdekaan RI pertamanya sebagai Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni mengenakan pakaian adat Mandailing, lengkap dengan ampu dan mahkota yang dipakai sebagai penutup kepala.

Pria kelahiran Bahuga, Way Kanan, Kota Lampung, Provinsi Lampung itu hadir didampingi istri.

Baca Juga : Detik-detik Proklamasi, Kendaraan yang Melintas di Lanud Soewondo Tak Dihentikan

Untuk diketahui, Ampu yang dikenakan Agus Fatoni terbuat dari kain beludru berwarna hitam dengan hiasan berwarna emas. Bagian bawah dari Ampu melilit dengan motif keemasan, yang kedua ujungnya menyilang dengan satu arah atas dan satu ke arah bawah.

Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia di wilayah Sumatera Utara tahun ini berjalan dengan lancar. Hadir dalam upacara itu Ketua DPRD Sumatera Utara, Sutarto yang berperan sebagai pembaca teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Upacara sakral ini juga turut dihadiri Kapolda Sumut Irjen Whisnu Hermawan Februanto, Pangdam I/BB Mayjen Mochamad Hasan dan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Idianto, serta sejumlah unsur Forkompinda lainnya. (matius/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles