24.2 C
New York
Friday, August 16, 2024

Agar Semakin Efisien, Dishub Medan Ubah Rute Bus Trans Metro Deli

Medan, MISTAR.ID

Dengan diambil alihnya pengelolaan Bus Trans Metro Deli oleh Pemko Medan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan akan mengubah beberapa rute yang ada selama ini.

Hal ini dilakukan agar penggunaan transportasi massal (masstran) tersebut bisa semakin efisien dan lebih mudah dijangkau masyarakat.

“Untuk koridor tetap. Namun kita ada melakukan perbaikan layanan. Contoh seperti rute sebelumnya Tembung dan Lapangan Merdeka yang selama ini hanya sampai batas kota, nanti kita perpanjang sampai betul-betul ke pemukiman, sehingga masyarakat bisa transit,” kata Iswar.

Baca juga: Pemko Medan Ambil Alih Pengelolaan Trans Metro Deli, Kadishub: Semua Pelayanan Gratis

Dijelaskan Iswar, rute yang mengarah ke Medan Tuntungan selama ini juga diubah. Nantinya bus akan mengarah ke Pasar Induk Lau Cih, lalu mutar di Jalan Pasar Turi.

“Ini kita lakukan agar bus Trans Metro Deli bisa terkonekting langsung dengan bus AKAP dan AKDP yang sebelumnya ada di sekitaran Padang Bulan. Sebab hasil kordinasi kita dengan BPTD serta Polda Sumut, sekarang mereka (bus AKAP dan AKDP) sudah dipindahkan seluruhnya ke Pasar Lau Cih,” jelasnya.

Iswar mengungkapkan, bahwa rute bus AKAP dan AKDP saat ini berubah dari arah Setia Budi menuju Pasar Induk Lau Cih, lalu masuk ke Pasar Turi dan ke Tanah Karo.

“Begitu juga sebaliknya rutenya. Rute ini sudah fix dan tidak ada pergantian lagi. Hal ini selaras dengan keinginan Pak Wali agar tidak ada lagi bus-bus yang ngetem di sekitaran Padang Bulan yang dapat memicu kemacetan,” tandasnya. (rahmad/hm20)

Related Articles

Latest Articles