24.2 C
New York
Friday, August 16, 2024

Dharma Pongrekun Bakal Hadapi RK di Pilkada Jakarta, Tepis Isu Sebagai Boneka

Jakarta, MISTAR.ID
Dharma Pongrekun dan Kun Wardana dinyatakan lolos sebagai calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2024 melalui jalur independen. Hampir dipastikan ia akan melawan eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK). RK sendiri telah diklaim maju oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Siap, siap. Ya, mungkin bedanya kan mereka diusung oleh partai, kalau kami dari perorangan, didukung oleh rakyat langsung,” kata Kun, Kamis (15/8).

Kun menyebut Ridwan Kamil merupakan petugas partai. Sementara itu, ia dan Dharma adalah petugas rakyat.

“Kami siap untuk menghadapi,” ujarnya.

Ia pun mengaku kini fokus mempersiapkan berbagai syarat teknis untuk diajukan saat pendaftaran Pilkada 2024 yang dibuka pada 27-29 Agustus.

Baca juga:KPU Nyatakan Berkas Pasangan Bacagub DKI Jakarta Non Partai Dharma-Kun Wardana Lengkap

Jika syarat diterima KPU, Kun mengatakan bakal turun langsung ke basis-basis massa pendukung.

Kun juga akan melakukan konsolidasi dengan para relawan dan komunitas yang mendukungnya dalam pendaftaran selama ini dan tak gentar siapapun lawan di Pilgub DKI Jakarta.

KPU DKI Jakarta menyatakan pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana memenuhi syarat untuk maju sebagai pasangan calon independen di Pilkada DKI Jakarta. Hal ini diputuskan setelah KPU menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual kedua.

Berdasarkan verifikasi faktual kedua, data dukungan pasangan ini mencapai 826.766 yang lolos verifikasi administrasi. Sedangkan data yang memenuhi syarat 494.467 dukungan dan yang tidak memenuhi syaratnya 332.299 dukungan.

Dharma Porengkun merupakan pensiunan polisi. Ia terakhir kali menjabat analis kebijakan utama di Lemdiklat Polri sebelum pensiun.

Selain itu juga, Dharma pernah menjabat Wakil Kepala BSSN, dan Dirtipid Narkoba Bareskrim Polri. Sementara Kun Wardana merupakan dosen tetap di Institut Sains dan Teknologi Nasional.

Baca juga:PDIP Prioritas Usung Andika Perkasa di Pilgub DKI

Tudingan Boneka

Bakal calon gubernur jalur independen Dharma Pongrekun menjawab tudingan dirinya dipasang sebagai calon boneka di Pilgub Jakarta 2024. Ia maju menjadi cagub, berpasangan dengan Kun Wardana sebagai wakilnya.

Dharma mengaku tidak masalah dituduh sebagai calon boneka. Ia menyerahkan bakal proses dan dinamika di kontestasi mendatang kepada Tuhan.

“Ya nggak apa-apa, nggak apa-apa (dituduh jadi cagub boneka). Apapun yang terjadi, sekali lagi tadi saya berpikirlah dan berimanlah bahwa segala sesuatu kehidupan kita Tuhan sudah menentukan,” ujar Dharma di Kantor DKI Jakarta, Jakarta Pusat,

Dharma tak mau ambil pusing menanggapi tudingan bahwa majunya ia dalam Pilgub DKI Jakarta demi menghindari ada kotak kosong.

“Kami nggak mau pusing dengan itu, kami hanya menjalani tugas kami dan kami berjalan berdasarkan dorongan hati nurani yang dikendalikan oleh Tuhan,” tandasnya. (cnn/hm06)

Related Articles

Latest Articles