20.2 C
New York
Thursday, August 15, 2024

Triwulan II 2024, Pertumbuhan Ekonomi Sumut Capai 4,95 Persen

Medan, MISTAR.ID

Pada periode triwulan II tahun 2024 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumut mencatat pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara mencapai 4,95 persen year-on-year (yoy) dan lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yang hanya 4,88 persen (yoy).

Kepala OJK Wilayah Sumatera Utara, Khoirul Muttaqien menyampaikan bahwa sejak tahun 2022 porsi produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sumatera Utara terhadap Sumatera terus mengalami peningkatan yang signifikan.

“Pada triwulan kedua tahun 2024, porsi ini tercatat mencapai 24,04%. Hal ini menunjukkan adanya peran strategis Sumatera Utara sebagai penggerak utama ekonomi di wilayah Sumatera, sekaligus sebagai kontributor penting dalam perekonomian nasional,” ungkapnya, Kamis (15/8/24).

Baca juga: Ekonomi Sumut Diperkirakan Tetap Kuat Meski Ketidakpastian Global

Lanjutnya Khoirul juga mengatakan peningkatan ini menandakan bahwa perekonomian di Sumut terus bergerak ke arah yang lebih baik, meskipun di tengah tantangan global dan nasional.

“Angka ini mencerminkan keberhasilan berbagai kebijakan dan upaya yang dilakukan dalam menjaga stabilitas ekonomi dan mendorong pertumbuhan,” katanya.

Selain itu dari sisi pengeluaran, kinerja ekspor juga menunjukan peningkatan dibandingkan triwulan sebelumnya.

“Ini ditandai dengan semakin menguatnya neraca perdagangan dalam tiga bulan terakhir, di mana pada bulan Juni 2024 tercatat sebesar 406 juta USD. Peningkatan ini mengindikasikan meningkatnya daya saing produk-produk Sumatera Utara di pasar internasional,” tukasnya. (dinda/hm25)

Related Articles

Latest Articles