20.2 C
New York
Thursday, August 15, 2024

72 Anggota Paskibraka Sumut Dikukuhkan, Siap Bertugas di Peringatan Kemerdekaan RI

Medan, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Agus Fatoni resmi mengukuhkan 72 anggota Paskibraka tingkat Sumatera Utara (Sumut) untuk bertugas di Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 pada 17 Agustus ini di Lapangan Astaka Pancing.

Anggota Paskibraka Sumut pada tahun 2024 ini terdiri dari 36 putra dan putri yang berasal dari seluruh Kabupaten dan Kota di Sumut. Fatoni mengatakan pengukuhan tersebut dilakukan setiap tahunnya menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) RI.

“Ya, hari ini kita baru saja mengikuti dan menyaksikan pengukuhan Paskibraka provinsi Sumatera Utara tahun 2024. Pengukuhan Paskibraka ini dilakukan setiap tahun menyampaikan peristiwa yang sangat bersejarah, peristiwa yang langka setahun sekali kita laksanakan, dan ini peristiwa yang membanggakan,” ujarnya kepada awak media di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kamis (15/8/24) sore.

Baca juga: Kapolres Kukuhkan 25 Anggota Paskibraka Tapteng

Fatoni mengatakan seluruh anggota Paskibraka Provinsi Sumut telah melalui berbagai proses sebelumnya. “Paskibraka ini dipilih dari seluruh remaja, pelajar, pemuda yang ada di Sumatera Utara kemudian digembleng, dididik dan dilatih dan ditugaskan dalam rangka hari kemerdekaan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Mantan Pj Gubernur Sumsel tersebut juga berharap para anggota Paskibraka yang sudah dipersiapkan bisa berguna bagi nusa dan bangsa. Dirinya pun menyebut para Paskibraka akan bertugas selama rangkaian peringatan HUT ke-79 RI.

Baca juga: Larangan Paskibraka Pakai Hijab, Tokoh Islam Sumut: Pelecehan Bagi Wanita Muslim

“Jadi digembleng bukan hanya untuk saat ini saja, tapi juga untuk membentuk mental dan karakter agar bisa menjadi contoh dan tauladan di kalangan masyarakat, dan juga jadi bekal agar mereka juga sukses nanti dikehidupan sehari-hari, jadi kita berikan semangat kepada mereka, untuk memberikan pengabdian untuk memberikan jiwa patriotisme yang tinggi sebagai modal mengabdi kepada bangsa dan negara,” tuturnya.

“Jadi mereka akan bertugas selama rangkaian hari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ini, ini akan dibina dan terus dikembangkan sehingga mereka menjadi aset-aset bangsa,” pungkasnya. (iqbal/hm25)

Related Articles

Latest Articles