20.8 C
New York
Wednesday, August 14, 2024

Start dari USI, Begini Rute Iring-iringan Kirab Api PON XXI 2024 di Siantar

LOGO PON XII

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Iring-iringan kirab api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut akan tiba di Kota Pematangsiantar pada 1 September 2024 mendatang. Rute start diawali dari Universitas Simalungun (USI), Jalan Sisingamangaraja.

Kepala Bidang Perhubungan Darat (Kabid Hubdar) Dinas Perhubungan (Dishub), Agresa Affandi membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, dari hasil rapat ada perubahan rute penyambutan api PON.

“Semula dari simpang Dua menuju Lapangan Adam Malik, menjadi dari USI menuju Lapangan Adam Malik,” ucapnya saat dikonfirmasi, Rabu (14/8/24).

Setelah dari USI, arak-arakan kirab api melintasi Jalan Sisingamangaraja – Rajamin Purba menuju Lapangan Adam Malik, dalam melaksanakan kegiatan upacara nantinya.

“Setelah kegiatan usai, rombongan pulang menuju Kabupaten Toba melintasi Jalan MH Sitorus – Jalan Gereja menuju Simpang Dua,” katanya seraya menambahakn pihaknya menyiagakan 40 personel dalam pelaksanaan nanti.

Baca Juga : Pemkab Simalungun Rakor Percepatan Persiapan Pelaksanaan PON XXI 

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar), M Hammam Sholeh mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) dan Pemprov Sumut telah menggelar rapat teknis mengenai perlintasan kirab api PON di kabupaten/kota di wilayah Sumut.

“Sekitar Juli 2024 Pemprovsu sudah berkunjung ke Kota Pematangsiantar untuk meninjau lokasi. Kemudian mereka menyusun SOP. Kita (Pemko) juga sudah diundang rapat ke provinsi,” sebutnya.

Sholeh mengajak masyarakat Kota Pematangsiantar untuk menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024, sekaligus memeriahkan dan menyaksikan kirab api PON tersebut.

“Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, Pemko Pematangsiantar siap menyambut kirab api PON. Kita juga sudah melakukan sejumlah persiapan terkait kirab api PON nantinya,” pungkasnya. (jonatan/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles