20.2 C
New York
Wednesday, August 14, 2024

Gandeng PMI, KSOPP Danau Toba Gelar Donor Darah Sambut HUT RI

Simalungun, MISTAR.ID

Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP) Danau Toba menjalin kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun bakal menggelar aksi donor darah di Pelabuhan Tigaras, pada Kamis (15/8/24).

“Aksi donor darah juga akan dilaksanakan di Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, pada Jumat (16/8/24) mendatang,” ujar Kepala KSOPP Danau Toba, Rijaya Simarmata, Selasa (13/8/24).

Rijaya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 tahun. Pihaknya pun bekerja sama dengan PMI menggelar donor darah terbuka untuk umum selama 2 hari.

Baca juga:Donor Darah di RSUP HAM Dapat Doorprize

“Aksi donor darah yang akan dilaksanakan bertujuan menjaga stok darah di Sumatera Utara (Sumut), khususnya di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba. Sebab banyak masyarakat yang membutuhkan darah setiap harinya melalui PMI,” tukasnya.

Ia juga menyampaikan, kegiatan donor itu untuk mencukupi darah bagi masyarakat yang membutuhkan transfusi darah. Rijaya menuturkan, sebagai masyarakat mempunyai rasa tingkat sosial yang tinggi perlu mendonorkan darah untuk kemanusiaan.

Untuk itu, Rijaya mengajak seluruh masyarakat maupun wisatawan yang akan menyeberang menuju Samosir untuk ikut berpartisipasi donor darah. Karena setetes darah, maka bisa menyelamatkan nyawa seseorang yang membutuhkan. Selain itu, dengan rutin donor, tubuh juga akan semakin sehat.

Baca jugaKejati dan Kejari Se-Sumut Donor Darah Semarakkan HBA dan HUT IAD

Pendonor juga memiliki manfaat kesehatan. “Manfaat kedua dari sisi pendonor untuk aktivitas kesehatannya terjaga karena hampir setiap minimal 1 bulan, atau maksimal 3 bulan sekali mendonorkan darahnya. Pendonor darah akan fit, dan lebih sehatlah dalam melakukan aktivitas,” ujar Rijaya.

Dirinya menargetkan 150 orang pendonor darah. Sehingga diharapkan nanti mampu memperbanyak stok kantong darah di PMI Siantar-Simalungun. Sementara para pendonor akan diberikan multivitamin, susu, dan telur ayam. (hamzah/hm16)

Related Articles

Latest Articles