22.1 C
New York
Wednesday, August 14, 2024

Rumor Menteri ESDM Diganti, Jokowi: Saya Punya Hak Prerogatif

Jakarta, MISTAR.ID

Mencuat informasi jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan pergantian lagi di Kabinet Indonesia Maju.

Nama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif kembali hangat dibahas sebagai orang yang akan terimbas reshuffle.

Informasinya, posisi Arifin akan ditukar oleh Bahlil Lahadalia yang kini menjabat Menteri Investasi/Kepala BKPM. Sementara posisi Bahlil bakal digantikan mantan Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan Roeslani.

Baca juga:Menteri ESDM: Tarif Listrik Tak Naik, BBM Belum ada Keputusan

Merespons kabar reshuffle yang beredar, Jokowi menyatakan, hal itu bisa saja dilakukan apabila diperlukan. Mantan Gubernur DKI Jakarta mengatakan, sejak lama dirinya telah mengatakan bila reshuffle diperlukan pihaknya akan melakukan hal tersebut.

“Ya jika dibutuhkan. Kalau diperlukan. Saya telah ngomong dari dulu, kalau diperlukan,” sebutnya di Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Selasa (13/8/24).

Dari informasi yang beredar reshuffle dapat dilakukan dalam waktu dekat ini. Bisa saja minggu ini atau minggu depan.

Walaupun di akhir masa jabatannya, Jokowi bilang dirinya masih memiliki hak prerogatif. Artinya, posisi kabinet masih dapat diutak-atik selama dirinya masih menjabat sebagai kepala negara.

Baca juga:Pembelian BBM Subsidi Dibatasi Mulai 17 Agustus 2024, Menteri Erick Pesankan ini

“Saya masih memiliki hak prerogatif itu,” tukas Jokowi.

Sedangkan Arifin Tasrif tak berkomentar banyak terhadap informasi reshuffle yang beredar. Menurutnya, masyarakat hanya perlu menantikan hingga di waktu yang tepat.

“Ya, tunggu saja, tunggu saja. Sesuatu pasti ada waktunya,” ucap Arifin di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). (dtk/cnbc/hm16)

Related Articles

Latest Articles