25.4 C
New York
Wednesday, August 14, 2024

Agus Gumiwang Tak Berniat Mencalon Ketum Golkar

Jakarta, MISTAR.ID

Sesuai hasil rapat pleno Partai Golkar menetapkan untuk melaksanakan rapat pimpinan nasional dan musyawarah nasional luar biasa (munaslub) pada 20, Agustus mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum (Ketum) Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita menuturkan, dalam munaslub nanti, partai berlambang pohon beringin akan mengagendakan pemilihan Ketum definitif pasca Airlangga Hartarto menyatakan mundur dari jabatannya.

“Saya tak maju,” sebut Menteri Perindustrian (Menperin) ini ketika ditanyai peluang dirinya akan mencalonkan diri di munaslub partai, pada Selasa (13/8/24).

Baca juga:Plt Ketua Umum Golkar Mengerucut ke Agus Gumiwang

Agus menyatakan, tidak maju sebagai calon Ketum partai, sebab mempunyai alasan pribadi. Dia tak menerangkan secara mendetail alasan pribadinya itu.

Dirinya juga menampik adanya dugaan tekanan dari pihak eksternal yang memintanya agar tak bertanding memperebutkan kursi pimpinan yang ditinggalkan Airlangga.

Namun Agus mengklaim sudah memiliki beberapa nama calon Ketum Golkar yang akan maju Munaslub nanti. Hanya Agus kembali tak berkenan menyebutkan nama calon tersebut.

Baca Juga : Malam Ini Pleno Penetapan Plt Ketum Golkar dan Jadwal Munaslub

Agus pun mengingatkan calon kandidat agar mengikuti rangkaian tahapan yang ditetapkan sebelum mencalonkan diri sebagai Ketum Golkar. “Yang berhak maju wajib dapat 30 persen dukungan dari daerah,” paparnya.

Ketua Dewan Pembina Badan Pemenangan Pemilu Partai Golkar, Idrus Marham, mengklaim jika Bahlil Lahadalia telah meraih 34 dari 38 dukungan dari pengurus daerah Golkar.

Dukungan itu bakal sebagai modal Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tersebut maju menjadi calon Ketum Golkar di Munaslub mendatang.

Baca juga:Mundurnya Airlangga Potensi Dampak pada Rekomendasi Calon Kepala Daerah Golkar

Idrus mengatakan, dukungan dari DPD diberikan sebab pertimbangan Bahlil mempunyai prestasi yang baik sebagai kader Golkar. Apalagi, Bahlil memiliki status keanggotaan yang resmi sebagai kader partai beringin.

“Saya sokong Bahlil karena tahu itu adik saya dan saya tahu dia,” ucap Idrus di IM Center, Jakarta Pusat. (tmp/hm16)

Related Articles

Latest Articles