29.6 C
New York
Thursday, August 15, 2024

Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026, Perawatan Rumput GBK Tuntas

Jakarta, MISTAR.ID

Rumput Stadion Utama Bung Karno sedang dibenahi jelang pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas Indonesia melawan Australia, 10 September mendatang.

Sementara Sekjen PSSI Yunus Nusi berharap semua bisa tuntas dengan baik pada saat lapangan itu digunakan. Sejauh ini Pusat Pengelolaan Komplek Olahraga Bung Karno (PPKGBK) telah melakukan yang terbaik.

“Saya tadi kembali cek kondisi rumput SUGBK. Ada perkembangan signifikan dan kami berharap rumput SUGBK siap menggelar laga melawan Australia,” kata Yunus Nusi, Senin (12/8/24).

Baca juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia Segera Miliki Kiper Naturalisasi

Ia juga berharap pemberitaan miring di berbagai media sosial terkait perawatan rumput Stadion Utama Bung Karno itu tidak sesuai fakta, sehingga pihaknya selaku PSSI merasa berhak menyebarkan berita yang benar.

Sementara pihak Direktur Utama PPKGBK Rakhmadi A. Kusumo menegaskan bahwa pemeliharaan lapangan Stadion GBK saat ini dalam tahap saturasi rumput setelah penggelaran rumput jenis Zoysia Matrella yang dimulai pada Juli 2024.

“Memang benar bahwa rumput di Stadion Utama GBK masih dalam tahap saturasi setelah pemasangan rumput. Sebagai pengelola GBK, kami telah melakukan upaya maksimal untuk memastikan rumput tumbuh kuat dan dalam kondisi terbaik,” katanya.

Baca juga:Kontrak Shin Tae Yong Diperpanjang Tanpa Target Lolos Piala Dunia

Saat ini, pengelola SUGBK tengah mengupayakan tiga tahap perawatan yakni pemberian asupan terbaik bagi rumput melalui pemupukan intensif, proses rolling, verticut, dan top dressing agar mencapai kerataan yang optimal, serta pengecekan dan uji fungsi teknis secara berkala.

“Kami meyakini bahwa dengan perawatan intensif ini, rumput akan lebih layak digunakan sesuai dengan standar internasional. Namun, pada akhirnya kami selaku pengelola akan mengikuti keputusan akhir terkait kelayakan rumput yang akan ditentukan oleh FIFA atau AFC Match Competition melalui final checking,” ucap Rakhmadi. (cnn/hm17)

Related Articles

Latest Articles