24.5 C
New York
Tuesday, August 13, 2024

Korban Tewas Akibat Gunungan Sampah di Uganda Longsor jadi 23 Orang

Kampala, MISTAR.ID

Korban tewas akibat longsornya gunungan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) distrik Kiteezi, Kampala utara, Uganda, bertambah menjadi 23 orang hingga, Senin (12/8/24).

Juru Bicara Pemerintah Kota Kampala, Daniel Nuweabine mengatakan hingga kini upaya pencarian korban selamat masih berlangsung. “Korban tewas terbaru yang terkonfirmasi berjumlah 23 orang,” kata Nuweabine kepada AFP dilansir, Selasa (13/8/24) dini hari.

Beberapa ekskavator bergerak melewati gunungan sampah besar sementara pencarian korban disaksikan oleh warga yang meratap dan menangis.

Wali Kota Erias Lukwago pun menetapkan insiden itu sebagai ‘bencana nasional’. Ia juga menyebut kemungkinan masih banyak lagi korban yang terkubur dalam gunungan sampah saat operasi penyelamatan sedang berlangsung.

Baca Juga : Longsor di India Tewaskan 215 Jiwa

Presiden Yoweri Museveni telah mengarahkan pasukan khusus tentara untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan. Ia juga masih mencari dan akan menuntut pihak yang membiarkan warganya tinggal di dekat tumpukan sampah yang berpotensi berbahaya.

Beberapa wilayah di Uganda dan wilayah lain di Afrika Timur baru-baru ini dilanda hujan lebat, termasuk Ethiopia. Tanah longsor yang melanda daerah pegunungan terpencil di Ethiopia selatan bulan lalu telah menewaskan sekitar 250 orang.

Sebelum itu, pada Februari 2010, tanah longsor di wilayah Gunung Elgon di Uganda timur juga telah menewaskan lebih dari 350 orang. (cnn/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles