17.6 C
New York
Monday, August 12, 2024

Tingkatkan Kesadaran Pengemudi, Dishub Sumut Lakukan Pemilihan Abdi Yasa Teladan

Medan, MISTAR.ID

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan melakukan pemilihan Abdi Yasa Teladan 2024 guna meningkatkan kesadaran para pengemudi angkutan umum saat terhadap keselamatan.

Abdi Yasa sendiri dalam bidang transportasi yakni penghargaan kepada individu atau kelompok yang memberikan kontribusi yang baik dalam sektor transportasi.

Kepala Dishub (Kadishub) Sumut, Agustinus mengatakan dalam proses pencarian Abdi Yasa Teladan 2024 ini diawali dari pemilihan di tingkat Kabupaten dan Kota. Dirinya menegaskan hal ini harus dipilih secara serius karena hal tersebut bakal dipilih ke tingkat yang lebih tinggi.

Baca juga: 36 Operator Angkutan Nakal di Medan dapat SP2 dari Dishub Sumut

“Harapan kami kepada Kabupaten dan Kota agar bisa serius dalam memilih kandidat-kandidat Abdi Yasa Teladan ini, yang dipilih adalah pengemudi yang bisa bersaing di tingkat provinsi maupun nasional nantinya,” ujarnya saat rapat di Aula Kantor Dishub, Senin (12/8/24) siang.

Agustinus pun mengatakan pemilihan tersebut sebagai salah satu upaya meningkatkan keselamatan angkutan umum di lintasan jalan raya saat ini.

“Jadi pengemudi itu punya peran penting dalam menjaga keselamatan di jalan raya, dan lomba ini (pemilihan Abdi Yasa) salah satu cara untuk membuat mereka (pengemudi) agar lebih disiplin dalam berkendara,” tuturnya.

Baca juga: Dishub Sumut Tegaskan Jalan Jamin Ginting Kawasan Bebas Pool Sesuai Perwal

Diketahui seleksi tingkat kabupaten dan kota dilakukan pada 15-18 Agustus 2024. Kemudian, kandidat terpilih akan mengikuti seleksi tingkat provinsi pada 21 Agustus 2024 dan diteruskan ke tingkat nasional.

Dishub Sumut juga telah menyiapkan sejumlah penghargaan seperti juara pertama akan menerima piala dan uang tunai sebesar Rp5 juta. Dilanjutkan juara kedua dan ketiga masing-masing akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp3 juta dan Rp1,5 juta. (iqbal/hm25)

 

Related Articles

Latest Articles