21.5 C
New York
Sunday, August 11, 2024

62 Korban Pesawat Jatuh di Brasil Dievakuasi, 28 Diantaranya Perempuan

Brasil, MISTAR.ID

Pihak berwenang Brasil telah mengevakuasi 62 jenazah korban tewas usai pesawat Voepass jatuh di Vinhedo, negara bagian Sao Paulo. Para ahli mulai memeriksa kotak hitam pesawat untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat.

Pemerintah daerah setempat dilansir, Minggu (11/8/24), mengatakan sebanyak 62 jenazah (34 laki-laki dan 28 perempuan) ditemukan dan dibawa ke kamar mayat di Sao Paulo untuk diidentifikasi dan diserahkan kepada keluarga mereka.

Rekaman video menunjukkan pesawat ATR 72-500 itu berputar ke bawah dengan mengerikan pada hari Jumat, sebelum jatuh ke daerah permukiman di kota Vinhedo, sekitar 80 kilometer (50 mil) di barat laut ibu kota keuangan Brasil, Sao Paulo.

Letnan pemadam kebakaran Sao Paulo, Olivia Perroni Cazo mengatakan, pesawat yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan Voepass itu jatuh hampir vertikal, mendarat dengan perutnya dan meledak dalam kobaran api, menghantam dengan kekuatan sedemikian rupa sehingga hampir ‘tergepeng’.

Baca Juga : Tertinggal Penerbangan, Satu Penumpang Selamat dari Pesawat Jatuh di Brasil

Pesawat turboprop bermesin ganda, yang dibuat oleh perusahaan penerbangan ATR, terbang dari Cascavel di negara bagian Parana selatan ke bandara internasional Guarulhos di Sao Paulo.

Menurut situs web Flight Radar 24, pesawat terbang selama sekitar satu jam pada ketinggian 17.000 kaki (5.180 meter), hingga pukul 1:21 siang (1621 GMT) ketika pesawat mulai kehilangan ketinggian dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Angkatan udara melaporkan bahwa kontak radar hilang pada pukul 1:22 siang. Dikatakan bahwa awak pesawat “tidak pernah menyatakan keadaan darurat atau berada dalam kondisi cuaca buruk.”

Para ahli dari Pusat Investigasi dan Pencegahan Kecelakaan Penerbangan Brasil (CENIPA) telah mulai menganalisis dua kotak hitam yang ditemukan dari reruntuhan pesawat. Kepala pusat badan tersebut, Marcelo Moreno mengatakan kotak hitam itu berisi percakapan kabin dan data dalam penerbangan. Angkatan Udara Brasil berencana untuk menerbitkan laporan awal dalam perkiraan 30 hari. (dtc/hm24)

 

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles