26.4 C
New York
Wednesday, August 14, 2024

Turki Buka Blokir Instagram per Sabtu Malam

Ankara, MISTAR.ID

Setelah memutus akses selama sembilan hari, Turki mulai membuka blokir Instagram, Sabtu (10/8/24) malam. Akses platform media sosial populer tersebut kini sudah mulai bisa diakses penggunanya di wilayah itu.

“Setelah negosiasi dengan perwakilan Instagram, kami akan membuka blokir akses mulai pukul 21.30 (18.30 GMT) setelah mereka setuju untuk menanggapi tuntutan kami,” kata Menteri Transportasi dan Infrastruktur Turki Abdulkadir Uraloglu dalam pernyataannya di X, Minggu (11/8/24).

Uraloglu menyatakan, sejak awal mereka ingin platform media sosial menghormati hukum republik. Turki memblokir Instagram sejak 2 Agustus pagi, karena alasan yang tak pernah dijelaskan secara detail.

Direktur komunikasi untuk Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Fahrettin Altun, menuduh Instagram memblokir pesan belasungkawa untuk Ismael Haniyeh, pemimpin politik Hamas dan sekutu dekat Erdogan yang tewas di Iran bulan lalu dalam serangan yang dilakukan Israel.

Baca Juga : Turki Blokir Instagram

Erdogan mengecam keras Meta, pemilik Instagram, yang berupaya ‘membungkam rakyat Palestina’. Menurutnya, penghapusan konten-konten tersebut bentuk dari fasisme digital yang dilakukan oleh Meta.

Di sisi lain, Meta membantah tak mau bekerja sama dengan Turki dengan mengatakan telah menarik hampir 2.500 unggahan pada paruh pertama tahun ini atas permintaan otoritas Turki.

Menurut Emre Ekmekci, wakil presiden asosiasi e-commerce, sekitar 60-70 persen dari 85 juta penduduk Turki memiliki akun Instagram dan sekitar US$57 juta bisnis dilakukan di platform tersebut setiap hari. Akses ke gim daring Roblox yang populer di Turki tetap diblokir selama empat hari per Sabtu. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles