25 C
New York
Sunday, August 11, 2024

Serangan Drone di Batas Myanmar Tewaskan Puluhan Warga Rohingya

Myanmar, MISTAR.ID

Masyarakat Rohingya yang sedang melarikan diri dari Myanmar diserang sebuah drone, menyebabkan puluhan orang meninggal dunia, termasuk keluarga dan anak-anak.

Seperti diberitakan Reuters pada Sabtu (10/8/24), sejumlah saksi menggambarkan bahwa serangan itu membuat para penyintas berjalan di antara tumpukan mayat demi mengidentifikasi kerabat mereka.

Sejumlah saksi mata dari aktivis dan diplomat menggambarkan serangan drone yang terjadi pada Senin (5/8/24) tersebut menyerbu keluarga-keluarga Rohingya yang sedang menunggu melintasi batas negara ke Bangladesh.

Seorang perempuan yang sedang hamil besar dan anak perempuannya yang berusia dua tahun menjadi bagian dari korban serangan tersebut.

Baca juga: Iran Diyakini Lancarkan Serangan ke Israel, AS Pikirkan Tekanan Diplomatik

Serangan itu menjadi yang paling mematikan yang diketahui terhadap warga sipil dalam pertempuran antara pasukan junta dan pemberontak di negara bagian Rakhine selama beberapa pekan terakhir.

Pasukan Arakan adalah pihak yang bertanggung jawab terkait serangan tersebut. Namun pasukan itu membantahnya, seperti yang dikatakan oleh tiga orang saksi kepada Reuters pada Jumat (9/8/24).

Disebutkan Reuters, pihak militer dan milisi Myanmar saling menyalahkan. Korban jiwa dari serangan tersebut juga tidak bisa dipastikan dan siapa yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

Baca juga: Uni Afrika Kutuk Serangan Bom Bunuh Diri di Somalia

Sejumlah video yang beredar di media sosial menampilkan tumpukan mayat berserakan di tanah berlumpur, dengan koper dan ransel yang berserakan.

Related Articles

Latest Articles