23.1 C
New York
Saturday, August 10, 2024

Kuliah dengan Beasiswa KKU, Dapat Benefit dan Peluang Peningkatan Karir Masa Depan

Medan, MISTAR.ID

Program beasiswa ramai diminati oleh kalangan pelajar maupun mahasiswa. Ragam jenis beasiswa yang memberikan fasilitas terhadap penerima manfaat beasiswa.

Christhopi Sukma Sinulingga (31), salah seorang penerima beasiswa KKU Scholarship for ASEAN and GMS Countries’ Personnel.

Ia mengambil program magister jurusan administrasi bisnis di Khon Kaen University, Thailand yang telah ia jalani selama kurang lebih dua bulan.

Baca juga:Membuka Jalan bagi Masa Depan Gemilang Melalui Program Beasiswa Pelangi TPL

Saat dihubungi Mistar, Christhopi mengaku sebelumnya pernah mencoba beasiswa dalam negeri dengan lingkup kampus atau kota asal, namun tidak berhasil.

Pemuda yang pernah mengajar di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) – Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Internasional di Kota Medan ini menjelaskan cakupan coverage beasiswa yang ia terima yaitu tiket pesawat pulang-pergi, visa extension, stipend, biaya kuliah selama empat semester, dan biaya riset.

“Program beasiswa ini sangat baik, membuka kesempatan bagi begitu banyak orang di seluruh kawasan ASEAN dan negara-negara yang dilalui sungai Mekong. Jadi sangat terbuka kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini,” ucapnya kepada Mistar.id, Sabtu (10/8/24).

Baca juga:Pj Bupati Sugeng Serahkan Beasiswa Kepada 20 Siswa Berprestasi Asal Tapteng

Secara garis besar, lanjutnya, tidak begitu banyak perbedaan sistem pendidikan Indonesia dengan Thailand.

Untuk pendidikan tinggi, sejauh ini ia merasakan kurikulum yang dipelajari sangat disesuaikan dengan perkembangan zaman.

“Jadi kurikulumnya relevan dan up to date,” katanya dengan menambahkan bahwa secara teori, seharusnya beasiswa ini dapat mempengaruhi karier dimasa yang akan datang.

Melihat dari manfaat yang signifikan yang bisa diperoleh misalnya pengakuan dan kredibilitas, pengalaman serta mendapatkan koneksi dari berbagai negara, bahkan pegembangan keterampilan.

“Akan tetapi kembali lagi semua ini tergantung bagaimana nantinya saya bisa memanfaatkan semua peluang ini dengan baik. Saya harap saya juga bisa maksimal dalam masa studi ini sehingga kedepannya dapat membuka peluang-peluang karir yang baik,” sambungnya.

Baca juga:Peduli Pendidikan, Dharmayukti Karini Cabang Medan Salurkan Bantuan Dana Beasiswa

Usai menempuh pendidikannya saat ini, dan jika memiliki kesempatan belajar lagi maka ia akan mengambil peluang dan kesempatan tersebut.

“Selain itu saya juga punya harapan untuk berkontribusi langsung melalui pendidikan, jadi jika ada kesempatan untuk berbagi pengetahuan melalui pendidikan maka saya juga akan sangat senang memanfaatkan kesempatan tersebut,” tutupnya.

Sebelumnya, Christhopi pernah menempuh pendidikan program Sarjana Akuntansi di Universitas Pendidikan Indonesia, program Magister Akuntansi di Universitas Sumatera Utara, dan Sarjana Teologi di Sekolah Tinggi Teologi Sunsugos. (susan/hm17)

Related Articles

Latest Articles