19.1 C
New York
Thursday, August 8, 2024

Berikut Jalur Kirab Bendera Pusaka dari Monas ke IKN

Jakarta, MISTAR.ID

Sabtu (10/8/24) bendera pusaka dan naskah proklamasi bakal dibawa lewat tahapan kirab dari Monumen Nasional (Monas) Jakarta menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Sesuai informasi yang dikumpulkan di Jakarta, pada Kamis (8/8/24), dalam gladi kirab bendera pusaka yang diadakan hari ini, kirab diawali dari Monas, melintasi Patung Arjuna Wijaya (patung kuda) di Jalan Medan Merdeka Barat.

Selanjutnya menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Jalan Thamrin sampai Jalan Jenderal Sudirman ke Jalan Gatot Subroto lalu mengarah Bandara Halim Perdana Kusuma.

Baca juga:Asal-usul Terbentuknya Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka

Dari Bandara Halim, bendera pusaka dan naskah proklamasi diterbangkan ke Balikpapan, Provinsi Kaltim, dan berikutnya dibawa ke kawasan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2023 akan membawa bendera pusaka dan naskah proklamasi itu.

Latihan kirab pusaka dan naskah proklamasi diikuti Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, yang juga Kepala Sekretariat Kepresidenan, Heru Budi Hartono.

Baca juga:Upacara Penurunan Bendera HUT RI di Lapangan Astaka, Merah Putih Mendarat Mulus

“Yang melaksanakan kirab adalah Paskibraka tahun 2023, dan tentu ini telah dilatih.Warga dapat menyaksikan pada tanggal itu,” ucap Heru dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta.

Selain disemarakkan oleh deretan pasukan drum band berseragam, terdapat beberapa pasukan berkuda yang mengiringi dalam kegiatan gladi kirab. Bendera pusaka dan teks proklamasi diboyong memakai kendaraan taktis Maung. (ant/hm16)

Previous article

Related Articles

Latest Articles