19.1 C
New York
Thursday, August 8, 2024

4 Medali Diborong Tim Pelajar Indonesia di Olimpiade Kimia Dunia

Jakarta, MISTAR.ID

Tim pelajar Indonesia memborong empat medali perunggu di Olimpiade Kimia Dunia (ICHO) ke-56 di Riyadh, Arab Saudi. Empat medali perunggu diraih Sultan El Shirazy (SMA Negeri 17 Palembang, James Adhimulia (SMAK BPK Penabur 1 DKI Jakarta), Aryo Razak (SMA Katolik Rajawali Makassar) dan Ahmad Ayman Al Ghifary (MAN 2 Kota Malang). Keempatnya adalah pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Kimia tahun 2023 yang telah melalui tahap pembinaan dan seleksi dari Pusat Prestasi Nasional.

Salah satu tim IChO Indonesia, Sultan El Shirazy dari SMA Negeri 17 Palembang, merasa bersyukur atas perjuangan yang telah dilaluinya. “Alhamdulillah perjuangan saya membuahkan hasil. Tentunya ini bukan akhir dari perjuangan. Saya akan terus belajar untuk mengharumkan nama negara,” ujar Sultan saat penyambutan delegasi Indonesia pada ajang IChO di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta dilansir, Kamis (8/8/24).

Sultan mengingatkan kepada seluruh siswa di Indonesia agar selalu semangat dan berusaha dalam mencapai prestasi tertinggi. Menurutnya yang paling penting itu terus berusaha jangan pernah merasa apa yang dilakukan itu sia-sia.

“Untuk bidang kimia perbanyak mencari bahan-bahan untuk belajar terutama dari orang-orang yang sudah berpengalaman,” tutur Sultan.

Baca Juga : Lima Pelajar Indonesia Raih Juara di Kompetisi Debat Internasional, Dua Diantaranya Asal Medan

Rekannya, Aryo Razak dari SMA Katolik Rajawali Makassar menambahkan, tantangan yang harus dihadapi selama proses mengikuti IChO yakni waktu mengerjakan soal sangat sedikit. Mereka juga mengerjakan ujian praktikum dan ujian teori, tetapi akhirnya bisa mereka lewati.

Selama pelaksanaan IChO, keempat siswa didampingi oleh Deana Wahyuningrum (Head Mentor) dan Irma Mulyani (Mentor) dari Institut Teknologi Bandung. Lalu, Rahmat Wibowo (Scientific Observer) dari Universitas Indonesia.

IChO adalah kompetisi kimia tingkat dunia untuk siswa di tingkat sekolah menengah. Negara-negara di seluruh dunia mengirimkan tim yang terdiri dari empat siswa untuk diuji pengetahuan dan keterampilan di bidang kimia. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles