19.1 C
New York
Thursday, August 8, 2024

China Bakal Buat Konstelasi Satelit Tandingan Starlink

Jakarta, MISTAR.ID

Perusahaan BUMN China, Shanghai Spacecom Satellite Technology (SSST) dikabarakan segera meluncurkan gelombang pertama satelit yang bakal jadi konstelasi raksasa yang dirancang untuk menyaingi jaringan internet global Starlink milik perusahaan AS, SpaceX.

Surat kabar yang disponsori negara, China Securities Journal dalam laporannya menyebut, peluncuran ini akan menandai langkah penting dalam tujuan strategis Beijing untuk menciptakan Starlink versi sendiri.

Peneliti China di Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) selama dua tahun terakhir telah mempelajari penyebaran Starlink dalam perang di Ukraina. Mereka berulang kali memperingatkan tentang risiko yang ditimbulkan konstelasi ini bagi China, jika negara itu terlibat dalam konflik militer dengan Amerika Serikat.

Pada Januari, sebuah opini yang diterbitkan dalam medianya PLA menggambarkan penyebaran Starlink sebagai “ancaman serius terhadap keamanan aset antariksa berbagai negara”.

Baca Juga : Puluhan Satelit Starlink Terbakar

‘Thousand Sails Constellation’ SSST sendiri adalah satu dari tiga rencana ‘Ten-thousand star constellation’ yang ditargetkan China buat memangkas jarak dengan SpaceX. Rencana SSST adalah meluncurkan 108 satelit tahun ini, 648 satelit pada akhir 2025, dan menyediakan “cakupan jaringan global” pada 2027, serta menyebarkan 15.000 satelit sebelum 2030.

Starlink sendiri merupakan konstelasi pita lebar komersial yang masih terus bertambah yang kini memiliki sekitar 5.500 satelit di luar angkasa, tepatnya di orbit rendah Bumi (LEO) dan digunakan oleh konsumen, perusahaan, dan lembaga pemerintah.

Persaingan untuk menduduki orbit Bumi yang lebih rendah juga memiliki implikasi militer, dengan potensi untuk memengaruhi keseimbangan kekuatan antara negara-negara yang bertikai. (cnn/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles