20.7 C
New York
Wednesday, August 7, 2024

Debut di SMI Festival 2024, Ngartini Huang Obsesi Seni Budaya Bisa Mendunia

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Samosir Music Internasional (SMI) Festival 2024 akan menjadi debut musisi tradisional Tiongkok, Ngartini Huang.

Perempuan yang berdomisili di Kota Medan ini tertarik menjadi menampilkan musik asal negeri tirai bambu di Tanah Batak.

Kepada sejumlah awak media di Kota Pematangsiantar, Ngartini mengaku diminta langsung produsernya yang asal Malaysia untuk turut serta dalam pagelaran tahunan itu. Ketika itu, ia lantas mengindahkan permohonan tersebut dan langsung mempersiapkan diri.

Baca juga:Persiapan SMI Festival 2024 Matang, Kolaborasi Musik dan Budaya Segera Guncang Samosir

SMI, kata Ngartini merupakan festival yang luar biasa untuk mengenalkan budaya Batak. Memiliki persamaan dalam visi, Ngartini mengaku memiliki obsesi seni budaya mendunia.

“Saya punya obsesi seni budaya ingin mendunia. SMI salah satu festival yang bagus. Kolaborasi yang indah saya mendukung,” ucapnya, pada Rabu (7/8/24).

Ia pun berharap, SMI Festival 2024 yang akan diselenggarakan Jumat-Minggu (9-11/8/24) di Open Stage Tuk-tuk, Siadong, Kabupaten Samosir dapat berjalan sukses dan mencapai tujuan sesuai dengan visi awal.

Baca juga:Gandeng Industri Kreatif Lokal, SMI Festival Digelar Agustus 2024

Ngartini merupakan musisi yang kerap membawa musik tradisional Tiongkok. Ia dan putrinya, Jocelyn pernah tampil memainkan alat musik Guzheng di salah satu ajang pencarian bakat nasional pada 2022 lalu.

Di Kota Medan, Ngartini memiliki sekolah musik Jade Music School yang bertujuan melestarikan alat musik petik itu. Selain Gu Zheng, ia juga mengajarkan Pipa, alat musik petik seperti gitar modern.

Pada SMI Festival 2024, Ngartini akan tampil di hari pertama, pada Jumat (9/8/24). Ia berada di daftar penampil bersama Osen Hutasoit, Jun Munthe, Maria Calista, The Tapanuli Band, serta Martahan Sitohang dan Hardoni Sitohang. (gideon/hm16)

Related Articles

Latest Articles