22.5 C
New York
Wednesday, August 7, 2024

Atlet Tinju Sumut Lakukan Pemusatan Latihan di Areal PTPN 4 Kebun Tonduhan

Simalungun, MISTAR.ID

Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sumatera Utara mengawal ketat latihan 20 atlet Pelatda Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut Tahun 2024. Pemusatan latihan kini dilakukan di Mess Training Camp Pertina Sumut di Nagori Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun di wilayah PT. Perkebunan Nusantara 4 (PTPN4).

Pemusatan latihan di daerah ini sebagai puncak pelatihan yang telah dilakukan sejak tiga tahun terakhir. Di tahun 2023, pemusatan latihan dilakukan sejak Juni 2024 dan akan berlangsung hingga pelaksanaan PON yang direncanakan pada 8-20 September 2024.

“Sebelumnya, Januari hingga Mei 2024 anak-anak telah kita bawa latihan di Tiga Baru, Kabupaten Dairi. Melatih pernafasan dan fisik mereka. Sebagai evaluasi, tim kita ikutkan di kejuaraan internasional di Sarawak Malaysia awal Juni kemarin dan dari 19 yang ikut bertanding, memperoleh 18 medali,” jelas Ketua Pengprov Pertina Sumut, Sabam Parulian Parsaoran Manalu diwakili Direktur Eksekutif Pertina Sumut, Adol Frian Rumaijuk, kepada Mistar.id, Rabu (7/8/24).

Baca juga: Pertina Tolak Penggunaan Gedung Merdeka Siantar untuk Cabor Tinju di PON XXI

Dijelaskannya, setelah tim kembali dari Malaysia, pemusatan latihan dilakukan di Hatonduhan Simalungun. Sejak 20 Juni 2024, tim telah melakukan latihan di daerah perkebunan pelat merah itu. Memanfaatkan kontur lahan dan suasana perkebunan yang mendukung untuk latihan atlet.

“Kita disini juga sangat terbantu dengan adanya areal-areal yang bisa dimanfaatkan untuk trek lari, dimana udara sejuk dan relatif jauh dari polusi. Kita juga berharap, atmosfer semasa latihan akan menyerupai atmosfer venue PON yang dijadwalkan di Pematangsiantar,” ujarnya.

Pengprov Pertina Sumut menempatkan para pelatih yang menjadi pelatih teknik tim PON Sumut saat ini diantaranya Liston Tampubolon, Anhar Syahtua Harahap, Togap Marbun, Nurmala, dan Nazaruddin Lubis  serta pelatih fisik Nimrot Manalu. Pengprov Sumut juga menempatkan pelatih tambahan yaitu Niazi Almy dari Dispora Sumut dan Zoel Lubis dari Batubara.

Baca juga: Pertina Tolak Penggunaan Gedung Merdeka Siantar untuk Cabor Tinju di PON XXI

Hingga Mei 2024, pemusatan latihan adalah inisiatif Pengprov Pertina Sumut, baik dari lokasi dan biaya yang dibutuhkan. Sementara sejak Juni 2024, KONI Sumut mendukung biaya pemusatan latihan hingga Juli 2024. Dan untuk Agustus hingga pelaksanaan PON, Sabam Manalu menegaskan bahwa pihaknya akan tetap latihan di Hatonduhan Simalungun.

Related Articles

Latest Articles