25.7 C
New York
Tuesday, August 6, 2024

Serahkan Sertifikat Tanah Elektronik, AHY Apresiasi Kolaborasi Kantah dengan Pemko

Bekasi, MISTAR.ID

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan secara simbolis 12 lembar sertifikat tanah elektronik di Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat (Jabar), pada Selasa (6/8/24).

Ia menyebut, bahwa kesuksesan layanan pertanahan merupakan hasil kerja sama dan kolaborasi yang baik antara Kantah dan Pemko Bekasi.

“Kalau antar jajaran pemerintahan pusat maupun daerah termasuk secara horizontal hubungannya baik, solid, saling melengkapi, sinergis, serta kolaboratif, saya rasa pelayanan publik dalam bentuk apapun termasuk dalam bidang pertanahan insya allah bisa kita lakukan dengan baik. Sesuai dengan moto Kementerian ATR/BPN ‘Melayani, Profesional dan Tepercaya’ bagi masyarakat yang ada di sekitar kita,” ujar AHY.

Adapun sertifikat tanah elektronik yang diserahkan terdiri dari 6 sertifikat hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), 2 sertifikat hak pakai untuk Pemko Bekasi dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), 1 sertifikat tanah wakaf untuk musholla, 1 sertifikat rumah ibadah untuk gereja, serta 2 sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) terhadap PT Kereta Api Indonesia dan PT PLN.

Baca juga:Sertifikat Tanah Elektronik Dilakukan Bertahap di Siantar

AHY menerangkan, sertifikat tanah elektronik memiliki banyak manfaat, sehingga sangat penting untuk segera dimasifkan. “Dengan sertifikat tanah elektronik menjadi lebih mudah, karena setiap saat bisa dicek di handphone (HP) kita. Kemudian, sekarang 1 embar ada barcode-nya, bisa di scan langsung muncul semuanya. Masuk ke database. Jadi tidak bisa sembarangan diduplikasi dan dipalsukan,” tegasnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota, Raden Gani Muhammad mengapresiasi Kementerian ATR/BPN yang telah memudahkan proses sertifikasi tanah aset Pemko Bekasi. Ia merasakan sinergi dan kolaborasi yang dibangun jajaran Kantah Kota Bekasi sangat kuat dan tidak ada hambatan.

“Kami senantiasa bersinergi dengan Kepala Kantah, di mana dalam pengurusan aset ini berjalan baik, bersinergi tanpa hambatan. Ini apresiasi kami kepada jajaran Kantah yang telah memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Kota Bekasi,” ungkapnya.

Baca juga:Cara Daftar Sertifikat Tanah Elektronik

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jabar, Yuniar Hikmat Ginanjar melaporkan capaian program PTSL sudah sebanyak 2.044 dari target 6.000 bidang tanah. Seluruh Kantah di Provinsi Jabar pun telah melaksanakan layanan pertanahan secara elektronik.

“Seluruh Kantah di Jabar sudah sesuai komitmen kami semua, satuan kerja sudah melaksanakan pelayanan secara elektronik sesuai harapan pak Menteri. Dalam rangka menjaga integritas, maka kami luncurkan pelayanan elektronik tersebut,” pungkas Yuniar. (rel/hm16)

Related Articles

Latest Articles