25.7 C
New York
Tuesday, August 6, 2024

Kick Off ILP, Pemkab Deli Serdang Komitmen Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Deli Serdang I MISTAR.ID

Pemkab Deli Serdang berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat. Sebab, dengan masyarakat yang sehat, produktivitas akan meningkat dan kualitas hidup akan lebih baik.

“Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengintegrasikan pelayanan kesehatan primer,” kata Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Deli Serdang, Dr Citra Efendi Capah saat membuka Kick Off Integrasi Layanan Primer (ILP) Kabupaten Deli Serdang di Grha Bhineka Perkasa Jaya, Kecamatan Lubuk Pakam, Selasa (6/8/24).

Pj Sekda menjelaskan, ILP merupakan sebuah upaya untuk menyatukan dan menyederhanakan berbagai layanan kesehatan dasar menjadi satu sistem yang terkoordinasi dan efektif.

Baca juga:Gencar Tingkatkan Pelayanan, Kadinkes Deli Serdang Pesankan ini

“Dengan ILP, kita berharap dapat meningkatkan aksesibilitas, kualitas, dan efisiensi pelayanan kesehatan, sehingga setiap masyarakat dapat hidup sehat dan produktif.” papar Capah.

Sebelumnya, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Deli Serdang, dr.H.Asri luddin Tambunan menjelaskan, pihaknya melakukan soft launching program tersebut di 14 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sesuai lokus yang ditetapkan.

Soft launching pertama di Kecamatan Pantai Labu, yang bertujuan sebagai upaya percepatan untuk integrasi pelayanan kesehatan di Kabupaten Deli Serdang.

Selanjutnya, akan terus dilakukan sosialisasi di 14 lokus tersebut dan 34 Puskesmas di Deli Serdang. Sampai saat ini, sudah 17 Puskesmas yang bisa melakukan ILP.

“Ini telah melebihi dari target Kementerian Kesehatan, dapat 14 lokus tetapi yang telah dikerjakan sudah 17 lokus. Di dalam penerapan ILP ini, kita mendapat pendampingan penuh dari USAID Momentum.Sehingga progress penerapan integrasi pelayanan kesehatan ini lebih cepat dan terarah di semua Puskesmas, terutama yang terbaik nanti di Puskesmas Pantai Labu,” katanya.

Hadir pula di acara itu, Kepala Balai Besar Laboratorium Kesehatan Lingkungan, Akhmad Saiku,perwakilan Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Hamid Rizal MKes,USAID Momentum Sumut, OK Syahputra Harianda, para pimpinan organisasi perangkat daerah, camat, KUPT Puskesmas, kepala desa dan kader Posyandu se-Kabupaten Deli Serdang.(rinaldi/hm17)

Related Articles

Latest Articles