22.4 C
New York
Monday, August 5, 2024

Demo Berakhir Rusuh, PM Bangladesh Mundur dan Kabur ke Luar Negeri

Bangladesh, MISTAR.ID

Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina memutuskan diri untuk mundur dari jabatanya setelah warga unjuk rasa hingga berujung kerusuhan di berbagai wilayah di negara tersebut.

Salah satu sumber yang dekat dengan Hasina mengatakan PM Bangladesh, menyebut Hasina juga telah meninggalkan istana dan kabur ke negara lain untuk “mencari tempat yang lebih aman.”

“Dia ingin merekam pidato, tapi dia tak mendapat kesempatan untuk melakukan,” kata sumber itu, dikutip South China Morning Post (SCMP), Senin (5/8/24).

Setelah mundur, masyarakat yang melakukan unjuk rasa langsung merayakannya dengan menari di atas tank-tank.

Baca juga: Sheikh Hasina Menang Pemilu Kelima Kalinya

Menanggapi kondisi ini, anak Hasina pun kemudian mendesak pasukan keamanan negara tersebut memblokir segala upaya pengambilalihan kekuasaan.

Demo di negara itu terjadi tepatnya di Dhaka dan sejumlah wilayah lain pada Minggu. Unjuk rasa pun rusuh karena bentrok antara kelompok penentang Hasina dan pendukungnya. Imbas kekerasan ini, puluhan orang juga tewas.

Massa juga disebut membakar motor dan kendaraan lain di luar rumah sakit.

Bangladesh berada dalam gejolak sejak Juli lalu. Di demo besar-besaran sebelumnya, massa menuntut pemerintah membatalkan penetapan kuota 30 persen pegawai negeri sipil (PNS) bagi keluarga pejuang.

Baca juga: Oposisi Bangladesh Demo Besar-besaran Tuntut PM Hasina Mundur

Sejumlah pihak menilai langkah tersebut untuk melanggengkan kekuasaan Hasina. Keputusan kuota PNS lantas dibatalkan.

Namun, demo kembali menggema untuk menuntut Hasina mundur.

Hasina memerintah Bangladesh sejak 2009 dan memenangkan pemilihan umum keempat berturut-turut di tahun ini.

Kelompok pemantau hak asasi manusia menuding pemerintahan Hasina menyalahgunakan lembaga-lembaga negara untuk mempertahankan kekuasaan, membasmi perbedaan pendapat, termasuk melalui pembunuhan di luar hukum terhadap oposisi. (cnn/hm17)

Related Articles

Latest Articles