22.4 C
New York
Monday, August 5, 2024

Harga Daging Ayam di Pasar Siantar Alami Deflasi

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sempat menyentuh hingga Rp 28.000 per kilogram, kini harga daging ayam turun menjadi Rp 26.000-Rp 27.000 per kilogram.

Turunnya harga daging ayam di pasar tradisional Dwikora, Kota Pematangsiantar itu disebabkan pasokan dari peternak cukup lancar dalam beberapa pekan terakhir.

“Sempat menyentuh Rp 28.000 per kg. Tapi sekarang sudah berangsur turun. Dan turunnya juga bertahap dan saat ini menjadi Rp 26.000 hingga Rp 27.000 per kilogram,” kata Siti, salah seorang pedagang daging ayam di Pasar Dwikora, pada Senin (5/8/24).

Baca juga:Harga Cabai dan Daging Ayam di Pasar Sukaramai Medan Naik Lagi

Namun dia tidak mengetahui secara persis alasan turunnya harga daging ayam. Tetapi, beberapa pekan terakhir, katanya, pasokan daging ayam cukup lancar.

Terpisah, Ardi pedagang daging ayam lainnya mengatakan, saat ini menjualnya Rp 26.000 per kiligram. Dia mengakui adanya penurunan signifikan terhadap daging ayam.

Penurunan itu, lanjutnya, disebabkan banyaknya pasokan daging ayam yang masuk ke pasar tradisional berlangsung lancar. Karena itu harganya menjadi turun.

Arina, warga Jalan Jawa, Kecamatan Siantar Utara menuturkan, harga daging ayam potong sekarang belum normal dan masih tinggi. Sebab, harga normal pada kisaran di bawah Rp 22.000- Rp 25.000 per kilogram.

Baca juga:Ibu-Ibu Kegirangan, Harga Daging Ayam di Siantar Berangsur Turun

“Kalau dibilang turun, belum menurut kami. Bayangkan saja, harga daging ayam ini tetap bertahan mahal lumayan lama. Terpaksa harus menambah uang pengeluaran dari biasanya,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Perikanan dan Peternakan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Pematang Siantar, Benny Sirait mengatakan, hasil pantauan ke sejumlah pasar tradisional, harga daging ayam saat ini masih mengalami penurunan.

Lebih lanjut Benny merinci, untuk di Rumah Potong Hewan (RPH), harga daging sapi saat ini Rp 130.000, daging kambing Rp 9 0.000, dan kerbau Rp 130.000 per kilogramnya.

Sementara itu, harga ayam potong dan ayam kampung kualitas baik, masing-masing Rp 26.000 dan Rp 63.000 per kilogramnya.

Baca juga:Meski Harga Daging Ayam di Siantar Turun, Sejumlah Pembeli Masih Mengeluh

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) Pematangsiantar, harga komoditas daging ayam ras memaksa Kota Pematangsiantar mengalami deflasi pada periode Juli 2024 sebesar 0,31 persen.

Daging ayam ras komoditas yang memiliki andil deflasi di Kota Pematangsiantar 0,09 persen. Terjadi deflasi khususnya pada penurunan harga daging ayam ras di Kota Pematangsiantar. (abdi/hm16)

Related Articles

Latest Articles