25.3 C
New York
Friday, August 2, 2024

Peringati Hari Pengayoman, Petugas Lapas Medan Donor Darah

Medan, MISTAR.ID

Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Medan melakukan donor darah di Aula Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Utara (Sumut).

Aksi sosial itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pengayoman tahun 2024. Hal itu sebagaimana diutarakan Kepala Lapas Medan, Maju Amintas Siburian, melalui keterangan tertulis yang diterima mistar.id, Jumat (2/8/24).

“Ini sebagai wujud kepedulian kepada sesama, sikap peduli, dan sukarela untuk membantu masyarakat yang sedang membutuhkan darah,” ucapnya.

Dalam prosesnya, dijelaskan Maju, satu persatu petugas Lapas Medan mengisi formulir yang disediakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan.

Baca juga: Petugas Lapas Medan Geledah Kamar Hunian WBP, Ratusan Handphone Dimusnahkan

“Calon pendonor kemudian melakukan pemeriksaan tekanan darah dan hemoglobin. Apabila memenuhi persyaratan, maka akan masuk di kursi antrean dan menunggu giliran untuk diambil darahnya,” jelasnya.

Maju mengatakan, ada 234 petugas Kanwil dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenkumham di Medan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Dalam donor darah ini berhasil dikumpulkan 120 kantong darah lebih yang nantinya akan disalurkan kepada rumah sakit dan pasien yang membutuhkan,” katanya.

Di samping itu, Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Eben Haezer Depari, mengatakan kegiatan donor darah seperti ini sangat bermanfaat.

“Ini merupakan aktivitas yang sangat positif dan kaya manfaat untuk kesehatan, baik dari segi fisik maupun mental, karena kita juga menyumbang darah bagi mereka yang membutuhkan,” tuturnya. (deddy/hm20)

Related Articles

Latest Articles