22.8 C
New York
Thursday, August 1, 2024

Pegadaian Solusi Finansial dengan Ragam Pilihan

Medan, MISTAR.ID

Pegadaian merupakan salah satu solusi bagi masyarakat untuk mendapatkan bantuan finansial secara cepat dan aman, seperti yang diberikan Kantor Pegadaian Cabang Pembantu (CP) Gaharu, Jalan Tusam, Kelurahan Gaharu, Kecamatan Medan Timur.

Kepala Cabang Pegadaian CP Gaharu, Mala mengatakan, layanan utama yang banyak diminati masyarakat adalah jasa gadai mencakup berbagai jenis barang, seperti kendaraan (baik BPKB saja maupun kendaraan lengkap), sertifikat tanah, dan emas dalam berbagai bentuk, baik fisik maupun tabungan.

Mala menjelaskan, Pegadaian menggunakan sistem sewa modal sebagai pengganti bunga, dengan tarif bervariasi tergantung pada jenis dan besar pinjaman. “Untuk gadai sertifikat tanah dan BPKB, sewa modalnya adalah 0,9% per bulan. Sedangkan jika nasabah memilih untuk menyimpan unit kendaraan di Pegadaian, tarifnya 2,4% per bulan,” ujar Mala ditemui di ruang kerjanya, Kamis (1/8/24).

Produk Flexi ini juga, jelas Mala, menawarkan rasio taksir yang lebih tinggi dibandingkan Kredit Cepat Aman (KCA) konvensional, dengan empat golongan rasio berdasarkan jumlah uang pinjaman dan jangka waktu gadai.

Baca Juga : Akhir Pekan, Harga Emas Antam di Pegadaian Naik Rp10.000 per Gram

Nasabah dapat memperoleh pinjaman dengan persentase hingga 96 persen dari harga pasar barang jaminan, dan menikmati bunga lebih rendah dengan jangka waktu gadai yang lebih fleksibel, mulai dari 15 hingga 60 hari.

Selain itu, Pegadaian CP Gaharu menawarkan sekitar 28 jenis produk lainnya, termasuk jasa titipan untuk perhiasan. Namun, yang paling dominan tetap investasi emas dan transaksi gadai.

“Kami juga memperhatikan kemampuan bayar nasabah dengan melakukan survei menyeluruh, termasuk pengecekan dokumen penting seperti KTP, KK, dan surat keterangan usaha jika ada,” tambah Mala.

Pegadaian CP Gaharu, lanjutnya, menjamin keamanan barang yang digadaikan dengan menyediakan gudang penyimpanan yang aman dan pengelolaan agunan yang terstruktur, termasuk asuransi yang langsung dari pusat. Dengan layanan ini, Pegadaian CP Gaharu berkomitmen memberikan solusi finansial yang aman dan terpercaya bagi masyarakat. (azmie/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles