24.2 C
New York
Thursday, August 1, 2024

Bandara di IKN Nusantara Belum Bisa Beroperasi pada HUT RI ke-79

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memastikan bandara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara belum dapat beroperasi saat peringatan HUT RI ke-79.

“Perihal Bandara sampai sekarang belum bisa beroperasi,” kata Pratikno di Kantor Kemensetneg, Jakarta, Kamis (1/8/24), seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Karena bandara belum beroperasi, tamu yang menghadiri upacara kemerdekaan di IKN akan mendarat di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan.

Pratikno meminta maaf kepada masyarakat karena kondisi IKN masih terbatas. Oleh karena itu, perayaan HUT RI akan diprioritaskan untuk masyarakat lokal di Kalimantan Timur dan kabupaten sekitar.

Baca juga: Peringatan Proklamasi RI, Megawati dan SBY Diundang ke IKN

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya bapak/ibu yang berminat ke IKN karena harus menahan diri hingga tahun depan saja. Ini masih sangat-sangat terbatas,” ujarnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Basuki Hadimuljono, juga meminta maaf. Basuki memastikan pengerjaan bandara terus berlanjut sampai tuntas.

“Tamu-tamu dari Jakarta mohon maaf, karena bandara kita di IKN masih kurang 300 meter lagi untuk (runway) 2.200 (meter),” kata Basuki.

Basuki menjelaskan bahwa target awal mereka adalah menyelesaikan runway sepanjang 2.200 meter. Namun, kondisi hujan beberapa waktu lalu menyebabkan pengerjaan bandara mengalami perlambatan.

“Sampai dengan tanggal 14 Agustus nanti kira-kira kekurangan luas landasan yang belum selesai adalah 300 meter. Jadi, masih belum bisa pesawat mendarat. Dengan heli (helikopter) sudah bisa,” ujarnya. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles