30.3 C
New York
Thursday, August 1, 2024

BPBD Sumut dan BNPB RI Kerjasama Dalam Mitigasi Bencana Saat Pelaksanaan PON XXI 2024

Medan, MISTAR.ID

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia (RI) dalam hal mitigasi bencana saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Kepala BPBD Sumut, Tuahta Ramajaya Saragih mengatakan pihaknya melakukan hal tersebut guna mengantisipasi apabila adanya bencana alam yang terjadi di waktu bersamaan dengan penyelenggaraan PON.

“Ya kalau dalam hal PON ini, mengenai mitigasi kebencanaan nya kita memberikan imbauan ke kabupaten dan kota yang ada lokasi pelaksanaan pertandingannya untuk senantiasa siaga,” ujarnya kepada Mistar.id, Kamis (1/8/24) pagi.

Baca juga: 50 Ribu Volunteer Mendaftar untuk Perhelatan PON XXI Aceh-Sumut

Tuahta yang juga sebagai Ketua Bidang Peralatan PB PON Sumut tersebut mengatakan telah mengajukan permohonan bantuan BNPB RI untuk teknologi modifikasi cuaca.

“Kita juga menyampaikan ke BNPB RI untuk mohon dukungan jika terjadi hal-hal yang seperti curah hujan tinggi, kita minta bantuan nanti teknologi modifikasi cuaca di suatu daerah untuk pengalihan hujan,” ungkapnya.

Mantan Kasatpol PP Sumut itu juga mengatakan BNPB RI telah memberikan respon baik akan hal tersebut. Dikatakannya hal tersebut juga termasuk dalam hal mitigasi bencana dan cuaca saat Closing Ceremony PON XXI di Desa Sena, Kabupaten Deli Serdang 20 September 2024 mendatang.

Baca juga: Semarak PON XXI Menggema di Perayaan Hari Anak Sumut

“Itu hal-hal yang kami siapkan dan sudah kami sampaikan ke BNPB, dan BNPB sampaikan kita akan bantu fasilitasi,” tuturnya.

“Iya termasuk itu (closing ceremony), itu sudah termasuk mitigasi kita lah itu, itu sudah menjadi salah satu poin kita, jika terjadi curah hujan tinggi bisa kita antisipasi,” pungkasnya. (iqbal/hm25)

Related Articles

Latest Articles