24.8 C
New York
Wednesday, July 31, 2024

Panglong Terbakar di Simalungun, Kerugian Capai Rp2 Miliar

Simalungun, MISTAR.ID

Kebakaran hebat melanda Panglong UD. Sini Kasih yang berlokasi di Jalan H. Ulakma Sinaga, Huta I Nagori Pamatang Simalungun, Kabupaten Simalungun pada Rabu (31/7/24) pagi sekitar pukul 07.15 WIB. Meskipun tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 2 miliar.

Saksi mata, Heri Andres (52), seorang pedagang mie balap, mendengar teriakan dari Maruli Nainggolan, seorang ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), yang memperingatkan adanya asap dari dalam panglong.

Heri segera memeriksa dan melihat asap tebal keluar dari bangunan tersebut. Ia langsung memperingatkan warga sekitar, termasuk Aini (36), yang juga ikut memberitahu warga lainnya.

Pemilik panglong, Jabangun Situmorang, yang baru tiba di lokasi setelah mengantar anaknya ke sekolah, segera mencoba menyelamatkan barang-barang di dalam bangunan. Namun, warga melarangnya karena api sudah menyebar dengan cepat di lantai dua bangunan yang terbuat dari kayu.

Baca juga: Kebakaran Panglong di Rambung Merah Diduga Akibat Korsleting

Kapolsek Bangun, AK Esron Siahaan, bersama anggota Polsek Bangun, tiba di tempat kejadian untuk melakukan evakuasi dan pengamanan. Tim pemadam kebakaran dari berbagai unit turut dikerahkan untuk memadamkan api diantaranya dari PT STTC, Pemkab Simalungun dan Polres Pematangsiantar.

“Api berhasil dipadamkan sepenuhnya pada pukul 09.30 WIB setelah seluruh tim bekerja keras,” kata Esron saat dihubungi mistar.id.

Kerugian akibat kebakaran ini sangat besar, dengan bangunan panglong dan seluruh barang dagangan di dalamnya habis terbakar. Esron bilang, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan, namun dugaan sementara mengarah pada hubungan arus pendek listrik.

Kapolsek juga menyarankan pemilik panglong untuk membuat laporan resmi guna penyelidikan lebih lanjut.

“Masyarakat diingatkan untuk selalu memeriksa kondisi instalasi listrik di rumah maupun tempat usaha demi mencegah kejadian serupa di masa depan,” ujarnya. (indra/hm20)

Related Articles

Latest Articles