24.8 C
New York
Wednesday, July 31, 2024

7 Jurusan Kuliah Bagi Kalian yang Tak Suka Hitung-hitungan

Jakarta, MISTAR.ID

Jurusan kuliah yang tidak ada matematika bisa menjadi pilihan bagi kalian yang tak suka hitung-hitungan. Matematika kerap masuk dalam mata kuliah beberapa jurusan atau program studi (prodi).

Jurusan kuliah yang tidak ada hitungan matematika biasanya kebanyakan berada di rumpun ilmu sosial-humaniora, bahasa, dan seni. Berikut jurusan yang tidak ada matematikanya yang mungkin sesuai dengan minatmu:

1. Antropologi
Antropologi adalah jurusan kuliah yang tidak bergantung pada matematika dalam mata kuliah maupun penelitiannya. Hal yang dipelajari dalam jurusan ini adalah seluk-beluk manusia dan kebudayaannya, baik dari sisi budaya, sejarah, hingga biologisnya.

2. Bahasa dan Sastra
Bahasa dan sastra menjadi salah satu jurusan yang tidak memiliki mata kuliah matematika maupun hitung-hitungan. Di jurusan ini, kamu akan banyak mempelajari teori bahasa, linguistik, sastram hingga penelitian sosial.

3. Seni dan desain
Di jurusan seni kamu akan diarahkan untuk menguasai hal-hal yang berkaitan dengan seni, mulai dari teori, praktik, hingga pertunjukan. Ada banyak pilihan prodi seni, seperti Desain Komunikasi Visual (DKV), seni rupa, seni musik, seni tari, seni kriya, tata busana, desain interior, seni dalang, dan sebagainya.

Baca Juga : Tujuh Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak Pendiam

4. Filsafat
Jurusan Filsafat membiasakan mahasiswanya untuk berpikir kritis sekaligus mempelajari berbagai topik maupun fenomena yang terjadi di masyarakat, baik itu sosial, budaya, agama, dan sebagainya.

5. Sejarah
Di jurusan Ilmu Sejarah, kamu akan mempelajari segala hal atau peristiwa di masa lalu, baik itu melalui buku atau literatur, arsip dan dokumen bersejarah, museum, hingga peninggalan sejarah.

6. Hukum
Jurusan hukum lebih fokus mempelajari peraturan, undang-undang, sistem peradilan, hingga penerapan prinsip-prinsip hukum dalam praktik. Mahasiswa jurusan hukum akan lebih banyak bersinggungan dengan studi kasus, analisis, dan debat hukum ketimbang melakukan perhitungan matematis.

7. Hubungan Internasional
Hubungan Internasional atau HI adalah cabang ilmu yang mempelajari interaksi negara, organisasi, lembaga, atau aktor lain di tingkat global. Secara umum jurusan Hubungan Internasional akan lebih fokus pada teori, politik, hukum, dan analisis/penelitian kualitatif daripada penghitungan matematika. (cnn/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles