22.7 C
New York
Tuesday, July 30, 2024

Kim Pan-gon Mundur, Mantan Bos Inter Milan Hingga Bayern Muenchen Calon Pelatih Baru Timnas Malaysia

Kuala Lumpur, MISTAR.ID

Kim Pan-gon, Pelatih timnas Malaysia mendadak mengundurkan diri sebagai kepala pelatih. Kepergian Pelatih asal Korea Selatan itu setidaknya sudah ada 5 calon pelatih baru Timnas Malaysia yang berasal dari luar negeri dan menjadi perbincangan para suporter Harimau Malaya.

Keputusan Kim Pan-gon untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih kepala Timnas Malaysia pada Selasa (16/7/24). Dalam konferensi persnya saat itu, Kim Pan-gon hanya menyebut dirinya mundur karena komitmen pribadi.

Usai Kim Pan-gon resmi mundur, Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menunjuk Pau Marti Vicente sebagai pelatih sementara. Pau Marti rencananya akan menangani tim dalam turnamen Pesta Bola Merdeka 2024 dan ASEAN Cup 2024.

Meski FAM telah menunjuk Pau Marti sebagai pengganti sementara Kim Pan-gon, Timnas Malaysia dinilai tetap perlu memiliki pelatih berpengalaman dan bertalenta. Lantas, kira-kira siapa yang dinilai cocok untuk mengisi kursi pelatih Timnas Malaysia berikutnya?

Baca juga : Ranking FIFA: Eks Striker Malaysia Heran Lihat Negaranya Ditekong Timnas Indonesia

Berikut 5 calon pelatih baru Harimau Malaya (asal luar negeri) seperti dikutip dari berbagai sumber

Petar Segrt

Mantan pelatih Tajikistan ini memiliki rekam jejak yang bagus selama membantu tim Asia Tengah. Ahli strategi berusia 58 tahun itu berhasil membawa Tajikistan mengalahkan Malaysia di dua final Piala Raja dan juga Pesta Bola Merdeka 2023.

Ia secara terbuka bersedia mempertimbangkan tawaran melatih Malaysia jika diberi kesempatan oleh Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM). Mantan pelatih PSM Makassar itu juga membantu Tajikistan melaju ke babak sistem gugur Piala Asia 2023.

Park Hang-seo

Juru taktik kelahiran Korea Selatan ini merupakan pelatih berpengalaman di Asia. Park Hang-seo belum melatih tim mana pun sejak meninggalkan Vietnam pada tahun 2023 dan membawa berbagai kesuksesan bagi tim.

Pelatih berusia 66 tahun itu telah membimbing Golden Star Warriors lolos ke perempat final Piala Asia 2019 dan semifinal Asian Games 2018. Pengaruhnya yang besar terhadap sepak bola Vietnam juga diakui oleh pemerintah Korea Selatan di mana ia dianugerahi Medali Heungin.

Related Articles

Latest Articles