24.8 C
New York
Tuesday, July 30, 2024

Mau jadi Siswa Eligible untuk Daftar SNBP, Cek Kriterianya

Jakarta, MISTAR.ID

Mendaftar jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2025 mendatang, siswa kelas 12 yang berencana tahun depan ke perguruan tinggi harus menjadi siswa eligible atau memenuhi kriteria.

Melalui jalur ini pendaftaran Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tanpa harus mengikuti tes.

Apa saja sih kriterianya? Dilansir dari laman SNPMB BPPP Kemendikbud, Selasa (30/7/24) ini sejumlah kriteria agar bisa jadi siswa eligible:

Baca juga: Kemendikbudristek Pastikan Program Kampus Merdeka Tetap Berjalan

1. Nilai rerata semua mata pelajaran mulai semester 1 sampai dengan semester 5 akan dihitung pihak sekolah untuk mendapatkan pemeringkatan siswa.

2. Sekolah bisa menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama. Pada sekolah Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), kriteria lain dapat menggunakan capaian siswa dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

3. Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah sebagaimana Persyaratan Sekolah poin nomor 2.

Baca juga: Tapteng Terima Piagam Penghargaan Merdeka Belajar dari Kemendikbudristek

Maka, kriteria ini hanya khusus pada siswa yang benar-benar memenuhi nilai rapor yang baik dan berprestasi bisa menjadi siswa eligible.

Related Articles

Latest Articles