26.7 C
New York
Thursday, August 1, 2024

Peringati Hari Bakti TNI AU ke-77, Kosek I Medan: Teladani Sikap Patriotisme Pendahulu

Medan, MISTAR.ID

Peringati Hari Bakti ke-77, Komandan Komando Sektor (Kosek) I Medan, Marsekal Pertama TNI Toto Ginanto berharap personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) dapat meneladani sikap patriotisme para pejuang dan pendahulu.

Hal tersebut dikatakannya usai memimpin upacara Peringatan Hari Bakti ke-77 TNI AU di Markas Kosek I Medan, Jalan Adi Sucipto, Kecamatan Medan Polonia, Senin (29/7/24) pagi.

“Ya, hari ini memperingati hari bakti dari angkatan udara yang ke-77. Disini kita mengambil tema ‘meneladani patriotisme para pendahulu’ dalam rangka mencapai TNI angkatan udara yang adaptif, modern, profesional, unggul dan humanis untuk Indonesia Maju,” ujar Toto Ginanto kepada awak media.

Ginanto juga berharap TNI AU bisa terus berkiprah, bukan hanya menjalankan tugas utamanya, namun juga bisa mengabdi kepada masyarakat.

Baca juga: Peringati Hari Bakti TNI AU ke-77, Kosek I Medan- Wingko III Kopasgat Tanam Pohon dan Donor Darah

“Dari sini kita mengambil makna tersebut bagaimana angkatan udara terus berkiprah di negara ini. Selain disamping tugasnya mempertahankan wilayah udara, juga mengabdi kepada masyarakat langsung dengan memberikan bantuan-bantuan yang kita laksanakan, seperti bakti sosial di wilayah kita masing-masing,” harapnya.

Selain di Kota Medan, Ginanto pun menyebut telah melakukan kegiatan karya bakti di sejumlah wilayah dan memberikan bantuan berupa paket sembako kepada masyarakat.

“Dalam rangkaian peringatan ke-77 Hari Bakti TNI Angkatan Udara kita telah melaksanakan kegiatan Karya Bakti secara terpusat di Kabupaten Maros dan Kabupaten Takalar seperti bantuan sembako sebanyak 4600 paket kepada masyarakat yang membutuhkan dan rumah ibadah,” urainya.

Baca juga: Bakti Sosial Kosek I Medan-Wingko III Kopasgat di Peringatan ke-77 Hari Bakti TNI AU

“Kemudian, renovasi sekolah dan berbagai fasilitas umum masyarakat, bantuan alat kesehatan, pemberian layanan kesehatan, serta kegiatan sosial lainnya yang dilaksanakan secara serentak,” sambungnya.

Adapun dalam upacara tersebut dihadiri oleh Danwingko III Pasgat beserta Ibu Ketua PIA Wing III. Kolonel Pas Dili Setiawan, Danyonko 469 Pasgat beserta Ketua PIA Yonko 469 Pasgat, Kaotmilti Medan Marsma TNI Bambang Subiyantoro.

Kemudian, Wakaotmilti Medan, Kolonel Kum Agus Suprapto, Wakadilmilti I Medan, Kolonel Kum Syarifah Nursiana, Hakim Militer Tinggi Medan, Kolonel Kum Wahyupi, Hakim Militer Tinggi Medan Kolonel Kum Mustofa, Hakim Militer Tinggi Medan Kolonel Kum Miarti, Hakim Militer Tinggi Medan Kolonel Kum Syaiffudin Rambe serta Hakim Militer Tinggi Medan Kolonel Kum Syaiffudin Tarigan.

Selain itu, pantauan Mistar.id selepas upacara Dankosek I Medan beserta Tamu dan undangan yang hadir tersebut memberikan bingkisan kepada para Purnawirawan dan Warakawuri TNI AU. (iqbal/hm25)

Related Articles

Latest Articles