25.3 C
New York
Thursday, August 1, 2024

Musim Panas, Sungai Belumai di Tanjung Morawa Ramai Dikunjungi Warga

Deli Serdang, MISTAR.ID

Aliran Sungai Belumai di Dusun III Desa Bandar Labuhan Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang berubah menjadi lokasi wisata dadakan oleh warga di musim panas saat ini.

Lokasinya gampang dijangkau. Pengunjung hanya bayar parkir kendaraan saja. Menurut warga setempat, lokasinya cukup bagus. Banyak bebatuan karang sungai dan airnya tidak terlalu dalam.

Airnya juga masih jernih karena tidak ada industri di hulu sungai. Berbeda dengan di bagian hilir setelah melewati Jembatan Sungai Belumai dekat RS GL Tobing PTPN2 Tanjung Morawa (sekarang PTPN1 Regional 1) terus ke bawah sudah tercemar limbah sejumlah industri.

Baca juga : Warga Desak Realisasi Jalan Layang Simpang Kayu Besar Tanjung Morawa

“Ini pemandian sungai bisa dikatakan baru. Ramai dikunjungi warga sekitar Tanjung Morawa. Lokasinya dekat, tidak butuh biaya. Sungainya juga masih segar tidak ada limbah Industri. Dangkal enak mandi-mandi, apalagi musim panas kayak gini,” ujar Rosita, warga setempat, Minggu (28/7/24).

Warga pun ramai-ramai berdatangan terutama yang membawa anak-anak untuk mandi di sungai yang mereka sebut pemandian Batu Karak. Kini dijadikan warga lokal tempat wisata yang ekonomis.

Cuaca panas belakangan ini, lanjut warga, membuat warga betah berlama-lama berada di sungai.

Baca juga : Seminggu Hanyut di Sungai Belumai, Pelajar SMP Ditemukan Meninggal Dunia

“Info dari BMKG, suhu siang hari di wilayah Kabupaten Deli Serdang sekarang ini mencapai 34-37 derajat Celcius,” tambah warga lainnya.

Pun begitu, pemandian alam aliran Sungai Belumai dibutuhkan pengawasan yang baik untuk menjaga keselamatan anak-anak yang asik mandi di aliran sungai guna mengantisipasi hal-hal yang membahayakan keselamatan.(sembiring/hm18)

Related Articles

Latest Articles