19.8 C
New York
Saturday, July 27, 2024

Turis Mancanegara Mulai Minati Pantai Pandaratan Tapteng

Tapteng, MISTAR.I

Pantai Pandaratan di Kelurahan Pondokbatu, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) saat ini tak hanya diminati wisatawan lokal dari luar Kota Sibolga dan Tapteng, juga turis mancanegara.

Menurut pelaku usaha wisata di lokasi wisata yang kini lagi ramai dikunjungi wisatawan tersebut, dalam pekan ini sedikitnya didatangi 2 keluarga berasal dari Jerman dan Belgia.

“Kami bangga, saat ini kawasan Pandaratan telah didatangi turis mancanegara. Kalau beberapa hari lalu, 1 keluarga datang dari Jerman yang khusus berlibur ke Indonesia. Kini 1 keluarga lagi berasal dari Belgia,” kata Aidil Hutabarat (45) salah satu pelaku usaha wisata, pada Sabtu (27/7/24).

Baca juga:Turis Asal Belgia Takjub Saksikan Carnival Festival Sambut HUT Kota Medan

Ditambahkan, salah satu daya tarik lokasi wisata ini adalah masih asri, murah, serta mudah dijangkau dari Kota Sibolga dan sekitarnya. “Selain itu, kami tetap berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada para wisatawan,” ucap Aidil didampingi Boru Simbolon, pelaku usaha wisata lainnya.

Disebut Aidil, istri dari warga Belgia itu sebelumnya adalah Boru Tobing yang berasal dari Sidikalang, Kabupaten Dairi.

“Menurut ito Boru Tobing, keluarganya sedang liburan di Indonesia, sekalian pulang kampung ke Sidikalang, serta memilih liburan di Kota Sibolga dan sekitarnya, termasuk Pandaratan ini,” jelas Aidil, sembari mengatakan saat ini pihaknya telah membuat tarif makanan dan minuman yang jelas, sehingga para pengunjung tak merasa khawatir tentang harga.

Ibu Boru Tobing kepada mistar.id mengaku, keluarganya merasa senang dan puas dengan panorama Pantai Pandaratan yang masih asri. Dia juga menuturkan, sudah 25 tahun bermukim di Belgia dan telah menjadi warga negara di sana.

Baca juga:Didominasi WN Malaysia, Jumlah Turis Asing ke Sumut Capai 16.667

“Kalau di Belgia, sering kita tak menikmati cahaya matahari, karena cuaca yang berubah-ubah. Di pantai inilah kita puaskan mandi laut sembari berjemur,” jelasnya.

Lurah Pondokbatu, Puji Hartono yang selalu memantau dan membina pelaku usaha wisata di Pantai Pandaratan mengaku, bangga dengan kunjungan turis mancanegara.

“Makanya, kita secara rutin selalu memantau dan membina para pelaku usaha wisata di kawasan ini, sehingga kesan dari para wisatawan merasa puas, dan akan berencana datang berkunjung kembali,” ucapnya, pada Sabtu (27/7/24). (poltak/hm16)

Related Articles

Latest Articles