14.9 C
New York
Sunday, September 8, 2024

Tahun Ini Pesta Oang-Oang Pakpak Bharat Berlangsung Sederhana

Pakpak Bharat, MISTAR.ID

Pesta budaya oang-oang yang dirangkai dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pakpak Bharat ke-21 digelar di Lapangan Kasean Banurea, pada Sabtu (27/7/24).

Ribuan warga Pakpak Bharat hadir untuk menyaksikan pagelaran budaya Pakpak yang secara resmi dibuka Wakil Bupati (Wabup), Mutsyuhito Solin.

Wabup menyampaikan pelaksanaan pesta budaya oang-oang kali ini dilaksanakan secara sederhana, tidak seperti tahun sebelumnya.

Baca juga:Perputaran Uang saat Pesta Oang-Oang dan Hari Jadi Pakpak Bharat Tembus Miliaran Rupiah

“Kegiatan kali ini tidak seperti tahun sebelumnya yang berlangsung sangat meriah, berbagai atraksi digelar seperti karnaval dibuat Organisasi Perangkat Daerah (OPD, tingkat kecamatan dan desa, serta tari kolosal melibatkan ratusan orang. Namun kali ini acara ini kita buat sederhana saja,” ucap Mutsyuhito.

Lebih lanjut dikatakan, pesta budaya kali ini diisi beberapa acara lomba seperti membayu, lomba fashion show nuansa Pakpak, persinabul, serta acara menyanyi Pakpak

“Saya berharap dengan digelarnya pesta budaya hari ini generasi muda suku Pakpak lebih mencintai budaya sukunya sendiri,” papar Wabup.

Baca juga:Meriahnya Pesta Budaya Oang-Oang di Pakpak Bharat

“Kita tahu bahwa eksistensi suatu komunitas ditentukan oleh nilai budaya yang tetap diaplikasikan dalam kehidupan keseharian. Kita mengenal seseorang atau komunitas adalah lewat adat dan budaya yang dimiliki,” sambungnya.

Mutsyuhito juga menyampaikan di dalam pertandingan nanti panitia bisa bersikap adil dan menjunjung tinggi nilai sportifitas. “Saya berharap panitia pertandingan bersikap jujur dalam menentukan pemenang pertandingan. Untuk itu dewan juri agar memberi penilaian secara objektif,” ucapnya.

Usai acara pembukaan, Wabup berjalan mengelilingi seluruh stand dan dilanjutkan berbagai pertandingan. (sampang/hm16)

Related Articles

Latest Articles